Penting! Simak 5 Cara Mencuci Muka yang Baik dan Benar

Sofya Nabila
Penting! Simak 5 Cara Mencuci Muka yang Baik dan Benar
ilustrasi mencuci muka (pexels.com/@Vitória Santos)

Mencuci muka dengan benar akan membantu kita mendapatkan kulit yang lebih sehat. Karena mencuci muka merupakan aktivitas yang sering kita lakukan hanya dengan membasahi wajah menggunakan sabun muka kemudian membilasnya.

Kebiasaan mencuci muka dengan benar dapat membuat kulit wajah kita sehat. Selain itu, dapat mencegah munculnya jerawat, mengatasi kusam dan mencegah penuaan dini. Dilansir dari Alodokter, berikut cara yang baik dan benar dalam membersihkan wajah.

1. Membersihkan Make Up

Pastikan sebelum mencuci muka Kita harus membersihkan riasan make up yang tertinggal di wajah menggunakan produk michellar water, milk cleanser, cleansing balm. Sisa riasan make up yang tertinggal bisa menyumbat pori-pori kulit dan memicu masalah kulit seperti bruntusan dan jerawat.

2. Menggunakan Pembersih Wajah

Gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu, pilihlah produk pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol dan pewangi.

3. Cuci Muka dengan Perlahan dan Lembut

Menggosok muka dengan terlalu kasar bukan bikin muka kita jadi bersih tetapi dapat merusak lapisan luar kulit wajah. Selain itu, mencuci muka dalam waktu yang lama bisa membuat kulit kering serta memicu iritasi. Jadi, mencuci muka sebaiknya hanya dilakukan 30 detik saja.

Kamu bisa menggunakan air hangat atau air dingin untuk membilasnya, selain itu jangan menggunakan air panas karena air panas bisa membuat wajah kulit menjadi kering.

4. Mengeringkan Muka

Membiarkan air mengering dengan sendirinya setelah cuci muka, bukanlah kebiasaan yang baik. Air yang dibiarkan pada permukaan kulit bisa menguap dan membuat kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, setelah cuci muka keringkanlah menggunakan handuk bersih atau tisu sembari menepuk dengan lembut dan jangan digosok-gosok.

5. Hindari Terlalu Sering Mencuci Muka

Hindari cuci muka terlalu sering, karena mencuci muka terlalu sering justru dapat membuat kulit kita semakin kering. Mencuci muka cukup saat pagi dan malam hari, sebelum tidur serta setiap berkeringat.

Setelah membersihkan wajah jangan lupa mengoleskan pelembab secara merata ini penting untuk mengunci kelembaban kulitmu yang baru saja dibersihkan. Setelah kamu mencuci muka dengan baik dan benar kamu bisa melanjutkan ke tahapan skincare lainnya seperti, serum atau sunscreen.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak