4 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala, Bisa Kamu Coba di Rumah

Mericy setianingrum
4 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala, Bisa Kamu Coba di Rumah
ilustrasi sakit kepala (pexel.com/mikael-blomkvist)

Saat mengalami sakit kepala pasti tidak mengenakan dan ini adalah suatu kejadian yang bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian kepala atau leher. Kemudian rasa sakit kepala ini bisa berkembang menjadi migrain dengan gejala nyeri lebih tajam dan berdenyut. 

Umumnya sakit kepala bisa terjadi karena berbagai macam hal dari yang serius sampai yang tidak. Penyebab gangguan pada sakit kepala bisa karena dehidrasi, kelelahan, stres, cedera kepala, dan lain-lain. Cara mengobati sakit kepala ini tergantung pada penyebabnya, namun bisa diatasi dengan cara alami untuk mengurangi efek samping dari obat-obatan di masa depan. 

Seperti dirangkum dari Halodoc, berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi sakit kepala.

1. Banyak minum air

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab dari sakit kepala. Oleh karena itu, kamu bisa meminum air putih supaya cairan dalam tubuh bisa dipenuhi. 

Baca juga: Dude Harlino Nangis di Depan Daniel Mananta Ungkap Soal Perubahan Alyssa Soebando

Selain itu, dehidrasi yang kronis juga   bisa memicu migrain dan air putih ini terbukti bisa meringankan gejala sakit kepala dalam waktu 30 menit hingga 3 jam. 

2. Istirahat yang cukup

Selain minum air putih, cara lain mengatasi sakit kepala adalah dengan beristirahat yang cukup. Apabila seseorang kurang tidur hal ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatannya sehingga menyebabkan sakit kepala. Akan tetapi, terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan kepala menjadi pusing. 

3. Lakukan gerakan relaksasi

Saat mengalami sakit kepala kamu bisa melakukan gerakan relaksasi dengan cara peregangan, yoga, meditasi atau relaksasi otot progresif  dan membantu tubuh mengatasi rasa sakit yang muncul. Dengan begitu kamu akan lebih rileks dan ketegangan di kepala juga hilang. 

Baca juga: Murka! Pinkan Mambo Bongkar Keburukan Masa Lalu Maia Estianty: Akhirnya Suaminya Diambil Mulan

4. Pijat kepala

Saat mengalami sakit kepala kamu bisa mengatasinya dengan cara memijat bagian kepala tersebut. Caranya adalah dengan memijat selama waktu beberapa menit pada bagian kepala, leher dan juga pelipis sehingga akan lebih merasa rileks. Hal ini tentunya akan bisa membuat kamu lebih merasa rileks dan sakit kepala pun menghilang. 

Demikianlah tadi beberapa cara alami untuk mengatasi sakit kepala dan bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat. 

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak