Musim Hujan Tiba, Ini Beberapa Olahraga yang Efektif Dilakukan, Yuk Bergerak

Hanifa Yola Ihsania
Musim Hujan Tiba, Ini Beberapa Olahraga yang Efektif Dilakukan, Yuk Bergerak
Ilustrasi Yoga. (Freepik.com)

Olahraga merupakan salah satu aktivitas sederhana yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Untuk menjaga badan agar tetap fit tentu tidak bisa hanya dengan mengandalkan asupan makanan dan vitamin. Namun, harus diimbangi dengan aktivitas fisik ataupun olahraga.

Musim hujan yang kini melanda terkadang membuat banyak orang malas untuk beraktivitas. Padahal kita diharuskan untuk dapat tetap menjaga kesehatan agar tubuh tak mudah terserang penyakit. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi olahraga yang dapat dilakukan di rumah saat musim hujan:

Baca Juga: Viral Perempuan Berencana Menikah dengan Pasangan Positif HIV, Amankah saat Berhubungan Seksual?

Pertama, Yoga dan Pilates

Yoga dan pilates meningkatkan keseimbangan, kelenturan badan, kekuatan otot, dan kesehatan tubuh dengan memadukan gerakan tubuh dan meditasi. Keselarasan pola gerakan pada yoga membuat tubuh fleksibel dan rileks. Pilates sendiri dapat mengencangkan otot-otot tubuh, serta meningkatkan sirkulasi darah dan pernapasan. Gerakan yoga dan pilates juga bermanfaat untuk meredakan stres.

Kedua, Treadmill

Bagi penggemar olahraga lari atau jogging, musim hujan menjadi salah satu kendala yang menghambat karena pada umumnya olahraga dilakukan di luar ruangan. Namun, saat cuaca sedang tidak memungkinkan, treadmill yang terdapat di rumah dapat menjadi solusi. 

Fitur treadmill yang canggih sangat memudahkan dan membuat nyaman. Treadmill bermanfaat menurunkan berat badan, membentuk otot, meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stres, baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, dan meningkatkan fleksibilitas sendi apabila dilakukan secara rutin dan konsisten.

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Air Hangat sebelum Tidur, Bisa untuk Detoks Alami

Ketiga, Senam aerobik

Senam aerobik pada umumnya menggunakan irama musik untuk mengiringi gerakan. Pola gerakannya dapat terpola ataupun tidak. Selain menyenangkan, senam ini bermanfaat untuk mengencangkan otot, menurunkan berat badan, serta meningkatkan kerja jantung dan paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Keempat, Lompat tali

Olahraga lompat tali hanya perlu menyediakan tempat yang cukup luas dan tali. Gerakan melompat dan memutar tali bermanfaat membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Olahraga ini dapat melatih koordinasi otot-otot tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan ketahanan tubuh saat berolahraga, meningkatkan kesehatan saluran napas, fleksibilitas, serta berdampak positif pada tinggi badan dan membantu proses penurunan berat badan.

Baca Juga: 5 Jenis Kanker yang Bisa Dicegah dengan Berolahraga Menurut Ahli

Kelima, Latihan kekuatan otot

Latihan kekuatan otot berfokus untuk menambah kekuatan dan daya tahan otot, meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki postur tubuh, serta dapat memperbaiki mood. Latihan kekuatan otot yang dapat dilakukan, antara lain plank, push up, sit up, squat, pull up di ventilasi pintu, angkat beban dengan dumbbell, naik turun tangga atau bangku, hingga jumping jacks

Itu dia beberapa olahraga yang dapat menjadi pilihan saat musim hujan tiba. Untuk dampak yang lebih terasa, lakukan dengan rutin dan konsisten. Namun, tak lupa juga diimbangi dengan asupan makanan yang bergizi, vitamin, dan istirahat yang cukup. Sehingga, saat musim hujan tiba tubuh tetap fit dan dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Referensi :https://www.halodoc.com/artikel/inilah-6-olahraga-pilihan-saat-musim-hujanhttps://www.alodokter.com/ini-pilihan-olahraga-saat-musim-hujahttps://doktersehat.com/gaya-hidup/olahraga-kesehatan/manfaat-treadmill/

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak