facebook

Mengenal Ventriloquism, Seni Suara Perut yang Mendunia tapi Minim Dikenal di Indonesia

fatma muflihatin
Mengenal Ventriloquism, Seni Suara Perut yang Mendunia tapi Minim Dikenal di Indonesia
Paul Zerdin dan Sam - ventriloquism (YouTube/GotTalentGlobal)

Mungkin sebagian orang tidak asing lagi dengan kata Ventriloquism. Namun, ternyata masih banyak loh yang belum mengetahui tentang Ventriloquism dan bertanya "apa sih Ventriloquism itu?"

Ventriloquism berasal dari kata Latin. Venter yang berarti perut, loqui yang berarti berbicara, dan ism yang berarti ilmu atau paham. Secara istilah, Ventriloquism diartikan sebagai kemampuan atau ilmu berbicara dari perut. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, Ventriloquism atau yang biasa disebut seni suara perut diartikan sebagai seni berbicara tanpa menggerakan bibir.

Orang yang terbiasa melakukan Ventriloquism disebut sebagai ventriloquist. Yaitu seseorang yang memiliki keahlian dalam bersuara, hingga seolah-olah suara tersebut berasal dari suatu barang atau bahkan dari tempat yang jauh.

Menurut Steven Connor dalam Dumbstruck: A cultural History Of Ventriloquism, masyarakat kuno menggunakan Ventriloquism sebagai penghubung orang yang masih hidup dengan orang yang sudah meninggal dunia. Awalnya, Ventriloquism dipraktikkan untuk ritual keagamaan. Namun, seiring perkembangan zaman, Ventriloquism menjadi sarana untuk hiburan, mengajar, serta berpromosi. 

Pertunjukan seni ini, biasanya digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebab, pada umumnya Ventriloquism dibawakan dalam bentuk komedi. Ventriloquism memiliki dua jenis yaitu:

1. Ventriloquism jarak dekat

Yang digunakan oleh seorang ventriloquist untuk membuat satu (atau lebih dari satu) boneka maupun benda yang berada di dekatnya untuk dapat mengeluarkan suara atau bahkan seolah-olah berbicara.

2. Ventriloquism jarak jauh

Yang digunakan oleh seorang ventriloquist untuk membuat suara yang seolah-olah berasal dari ruangan yang lain atau dari tempat yang jauh, seperti suara gema.

Salah satu ventriloquist terkenal yang berasal dari negara Inggris adalah Paul Zerdin. Dengan bonekanya yang diberi nama Sam, ia sukses mengikuti dan menjuarai salah satu ajang pencarian bakat, di Amerika Serikat.

Di Indonesia, Ventriloquism masih belum berkembang pesat. Mungkin salah satu alasannya karena sulit untuk dilakukan. Namun, saat ini sudah lumayan banyak ventriloquist yang berasal dari Indonesia.

Salah satu ventriloquist yang saya ketahui dan cukup terkenal saat ini adalah Tenggo Wicaksono dengan 4 bonekanya, yaitu: Jojo, Rendi, Oncu dan Kakek. Ia adalah seorang Youtuber yang memiliki kemampuan ventriloquist dan memiliki suara yang merdu saat bernyanyi.

Adapun fakta menarik tentang Ventriloquism, yaitu bahwa hanya ada satu museum di dunia yang didedikasikan untuk bentuk seni yang unik ini. Yaitu Vent Haven Museum, yang terletak di Fort Mitchell, Kentucky, US. Museum tersebut menampung sekitar 800 tokoh ventriloquist.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak