facebook

6 Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Tahu, Ada Ajax hingga Barcelona

Calvin Vadero
6 Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Tahu, Ada Ajax hingga Barcelona
Pemain depan Real Madrid Karim Benzema menembak dan mencetak gol keempat timnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Real Madrid CF dan Valencia di stadion Santiago Bernabeu di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, pada (8/1/2022). [GABRIEL BOUYS / AFP]

Akademi sepakbola tidak hanya menjadi beban bagi tim senior tetapi juga mendatangkan keuntungan jika difungsikan dengan benar. Klub-klub top di seluruh dunia selalu melihat tim muda mereka untuk mencari bakat, yang bisa masuk ke susunan senior dan membuat tempat untuk diri mereka sendiri. Akademi sepakbola juga sering menjadi tolok ukur tim utama dan membawa daya saing di antara para pemain senior di klub. Berikut  5 akademi sepak bola terbaik di dunia.

1. Ajax

Belanda selalu terkenal karena upaya mereka dalam pengembangan pemuda. Jadi, tidak mengherankan melihat mereka menjadi salah satu produsen bakat terbesar dalam sepakbola di Eropa. Semuanya dimulai dengan legenda Belanda Johan Cryuff, yang prinsip permainannya kemudian diambil oleh akademi. Kamu dapat menulis seluruh buku tentang jumlah pemain sukses yang telah dihasilkan selama beberapa dekade. Namun, beberapa alumni yang paling terkenal antara lain Patrick Kluivert, Clarence Seedorf, Dennis Bergkamp, Frank de Boer dan Wesley Sneijder.

Dengan Justin Kluivert dan Matthijs de Ligt di antara lulusan yang lebih baru, akademi muda Ajax terus menghasilkan puluhan superstar potensial.

2. Manchester United

Bleacherreport.com melansir fakta bahwa Manchester United telah menunjuk setidaknya satu lulusan akademi di lebih dari 4000 regu pertandingan berturut-turut adalah bukti tradisi lama klub berdarah pemuda. 'Kelas 92' yang terkenal bisa dibilang generasi paling sukses yang lulus dari akademi.

Sir Alex Ferguson, khususnya, mengutamakan promosi bakat-bakat lokal. Namun, terlepas dari sifat belanja tinggi United saat ini untuk impor asing, pemain seperti Marcus Rashford, Mason Greenwood, dan Scott McTominay menunjukkan bahwa akademi masih menghasilkan bintang-bintang pemula yang dewasa sebelum waktunya.

3. Real Madrid

Salah satu kesalahpahaman terbesar sepak bola bahwa Real Madrid tidak menghasilkan bakat-bakat lokal. Sifat pembelanjaan bebas mereka di bawah Florentino Perez membuat mereka menutup mata terhadap para pemain muda mereka. Namun, kamu akan terkejut melihat bahwa banyak bintang telah datang melalui La Fabrica.

Samuel Eto'o, Juan Mata, Alvaro Negredo dan Marcos Alonso antara lain adalah beberapa nama yang lolos, tetapi Daniel Carvajal adalah bagian penting dari skuad Los Blancos yang meraih gelar Eropa dalam satu dekade terakhir.

4. Borussia Dortmund

Borussia Dortmund memiliki reputasi luar biasa dalam mengembangkan talenta muda. Namun, akademi sepakbola mereka tidak mendapat banyak perhatian. Namun, bukan berarti kurang berhasil dalam membina senjata muda. Faktanya, Mario Gotze, yang mencetak gol kemenangan Piala Dunia untuk Jerman pada tahun 2014, adalah lulusan terkenal mereka.

Khelnow.com melansir, mantan rekan setimnya Marco Reus serta bintang Amerika Christian Pulisic juga lulusan akademi mereka. Namun, belakangan ini, Felix Passlack dan Jacob Bruun Larsen, yang masuk dalam jajaran tim muda Dortmund, menarik minat dari tim-tim Eropa yang lebih besar.

5. Sporting Lisbon

Ingat bagaimana Cristiano Ronaldo muda dari Sporting Lisbon mengesankan para pencari bakat tamu Manchester United bertahun-tahun yang lalu? Momen itu merupakan bukti abadi atas kerja keras klub dalam membina bakat-bakat muda.

Luis Figo adalah lulusan terkenal lainnya dari akademi mereka sementara Luis Nani, Joao Moutinho, Pepe dan Ricardo Quaresma semuanya menikmati karir di level tertinggi. Faktanya, sekitar 100 anak muda Sporting Lisbon telah mewakili Selecao di tingkat nasional.

6. Barcelona

Beberapa orang mungkin tidak setuju dengan La Masia yang begitu tinggi dalam daftar, karena akademi sepakbola satu ini dianggap belum menghasilkan banyak bintang belakangan ini. Namun, tidak dapat disangkal kedudukan tim muda Barcelona di dunia dan semua yang telah dicapai di masa lalu.

Sportskeeda.com melansir, sebagian besar kesuksesan Barcelona dalam satu dekade terakhir adalah berkat La Masia. Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Sergio Busquets, Pedro dan Victor Valdes antara lain adalah beberapa lulusan paling terkenal dari akademi dongeng. Mereka membentuk inti dari salah satu sisi klub terbesar dalam sejarah modern.

Itulah enam akademi sepakbola terbaik di dunia. Tertarik ingin bergabung ke salah satu akademi sepakbola di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak