facebook

Harga Cabai Sering Naik? Yuk Tanam Sendiri!

Dream Praire
Harga Cabai Sering Naik? Yuk Tanam Sendiri!
ilustrasi cabe (Pexels.com/ Mark Stebnicki/dreampraire)

Cabai adalah salah satu tanaman yang sering dipergunakan dalam berbagai resep masakan. Rasa pedasnya membuat masakan terasa lebih nikmat. Tetapi harga cabai sering mengalami kenaikan terutama pada waktu tertentu seperti hari raya.

Walaupun mungkin masih bisa terjangkau namun tak ada salahnya jika menanam sendiri cabai di rumah. Lagipula seringnya kita tak menggunakan cabai dalam jumlah banyak setiap harinya. Akan lebih praktis jika memetik dari kebun daripada setiap hari membeli ke warung. Membeli banyak sekaligus juga berisiko sebagian menjadi busuk sebelum dipergunakan.

Meskipun tidak ahli dalam berkebun, bukan berarti tak bisa menanam cabai yang menghasilkan. Sekarang banyak tutorial cara bertanam dapat kita temukan di internet.  Kita hanya tinggal mencari yang sesuai dengan keperluan dan tentu saja yang paling mudah bagi kita.

Bagi yang tak memiliki lahan luas bukan berarti tidak bisa bertanam cabai. Di teras rumah juga bisa, bahkan cabai juga dapat tumbuh dengan baik dalam pot atau polybag. Dengan perawatan yang benar, cabai tetap dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas.

Bibit cabai bahkan tidak harus dibeli di toko bibit. Dari cabai yang dibeli di pasar bisa dipilih yang paling tua. Belah cabainya dan ambil bijinya lalu tanam.  Biji cabai tergolong mudah tumbuh tetapi harus dijaga agar cukup kuat. Jangan lupa untuk disiram secukupnya dan diperhatikan kalau-kalau ada serangan hama atau penyakit.

Bagian tanaman yang tidak sehat sebaiknya dipangkas atau disemprot dengan fungisida. Ketika beranjak besar sebaiknya dipasangi penopang agar dapat berdiri tegak menunjang beban cabang-cabangnya. Penopang bisa berupa kayu atau bilah bambu yang ditancapkan. Selanjutnya perlu pemupukan agar subur.

Jika tanaman cabai berbuah cukup lebat, sebagian bisa dibagikan kepada tetangga atau bahkan dijual jika hasilnya cukup banyak. Dari hobi bertanam cabai, banyak manfaat yang didapatkan. Selain dari segi ekonomi, ada rasa puas saat berhasil menanam sampai berbuah.

Bahkan tanpa disadari membuat tubuh berolahraga selama kegiatan berkebun. Adanya keharusan menjaga tanaman dari  serangan hama juga melatih kesabaran dan ketekunan. Waktu yang dihabiskan saat berkebun membuat pikiran teralihkan dari berbagai permasalahan lain dan ini baik untuk sejenak mengurangi stres.

Selain cabai, di teras juga dapat bertanam tomat, bawang, seledri dan sayuran lain. Di masa new normal seperti saat ini, hobi berkebun adalah salah satu pilihan bagus. Dengan berkebun dapat mengurangi keinginan terus bepergian yang membutuhkan biaya dan waktu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak