facebook

Awas Keliru! Begini Cara Mengisi Air Wiper Mobil yang Benar dan Aman

Muhammad Izzuddin
Awas Keliru! Begini Cara Mengisi Air Wiper Mobil yang Benar dan Aman
Pemakaian wiper di saat hujan, gerakan berulang, bisa jadi ada kotoran atau debris tajam ikut menggores permukaaan. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/astrakanimages].

Salah satu hal yang wajib Anda perhatikan saat musim hujan adalah ketersediaan air wiper mobil Anda. Pasalnya, kita akan sering menggunakan wiper untuk memperjelas pandangan ketika mengemudi saat hujan lebat. Sering kali kita juga memanfaatkan momentum hujan untuk membersihkan kaca mobil menggunakan air wiper yang tersedia. Untuk itu memperhatikan ketersediaan cadangan air wiper mutlak jadi hal wajib yang harus Anda lakukan.

Lantas bagaimana langkah yang tepat dan aman menambah air wiper mobil? Bisakah air wiper diisi menggunakan air keran biasa?

Banyak orang yang menggunakan air keran/air sumur sebagai air wiper mobil. Hal ini tidak salah namun untuk pemakaian jangka panjang dapat mengakibatkan timbulnya jamur di kaca depan mobil.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara paling benar dan aman untuk menambah air wiper agar tidak menjadi masalah bagi mobil kesayangan di kemudian hari. Berikut langkah menambah air wiper yang benar dan aman bagi mobil Anda!

1. Siapkan air mineral kemasan dan wiper fluid

Air yang paling aman untuk mengisi tabung wiper mobil adalah air mineral kemasan yang dicampurkan dengan sabun khusus untuk wiper (wiper fluid). Air mineral kemasan tentu mudah Anda dapatkan di mana pun. Adapun wiper fluid bisa Anda beli di minimarket terdekat di daerah Anda.

2. Campurkan air mineral kemasan dan wiper fluid

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan air mineral dan wiper fluid dengan perbandingan 1 liter air mineral dicampur 30 ml wiper fluid. Tunggu satu menit hingga air mineral dan wiper fluid bercampur yang ditandai dengan mulai berubahnya warna.

3. Masukan wiper fluid dengan hati-hati

Jika sudah bercampur maka air wiper sudah siap dimasukkan ke dalam tangki. Tuangkan dengan hati-hati agar tidak meluber kemana-mana.

4. Tutup tangki wiper

Setelah air wiper habis dituangkan jangan lupa tutup tangki wiper dengan rapat. Hal ini sederhana namun dapat berakibat fatal jika Anda abaikan.

Demikianlah cara paling benar dan aman untuk mengisi air wiper mobil. Ingat, jangan Cuma pakai air biasa atau air mineral kemasan saja. Kombinasi air mineral kemasan dan wiper fluid adalah yang paling aman untuk mobil kesayangan Anda.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak