facebook

3 Nama Pemain SepakBola Indonesia yang Bermain di Liga Luar Negeri

Ariel Theodore Suwandi
3 Nama Pemain SepakBola Indonesia yang Bermain di Liga Luar Negeri
Bek sayap Asnawi Mangkualam. [dok. K League]

Ajang piala AFF 2020 telah selesai dilaksanakan dari tanggal 2 Desember 2021 sampai 1 januari 2022, dengan Thailand sebagai juaranya. Timnas Indonesia berhasil meraih juara kedua usai kalah oleh Thailand di partai final dengan skor agregat 2–6.

Meskipun demikian, permainan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia menuai banyak sekali pujian. Skema permainan yang dibawa oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia yang terbilang tim baru lolos sampai ke babak final. 

Terlepas dari itu semua, muncul nama-nama pemain Tim nasional Indonesia yang berhasil menarik perhatian penggemar sepak bola, khususnya di Indonesia.

Berikut merupakan beberapa nama punggawa Indonesia yang bermain di liga luar negeri: 

1. Asnawi Mangkualam

Kapten Timnas Indonesia di ajang piala AFF 2021 ini merupakan salah satu pemain muda berbakat milik Indonesia. Pemuda kelahiran Makassar ini masih berusia 22 tahun.

Etos kerja yang ditunjukan selama turnamen berlangsung membuat dirinya menjadi perhatian banyak orang. Sekarang, Asnawi yang berperan sebagai Bek Kanan tengah menjalankan kontrak dengan tim divisi dua Korea selatan, Ansan Greeners FC.

2. Witan Sulaeman

Selanjutnya merupakan Witan Sulaeman, yang merupakan pemuda asal Kota Palu. Pemain ini sempat menyumbangkan 1 buah gol yang cukup menjadi kunci di leg pertama semi-final antara Indonesia dan Singapura. Kecerdasan dalam menggiring bola menjadi daya tarik utama yang membuatnya dilirik banyak penggemar sepak bola Indonesia.

Sebelumnya pernah bermain di Lechia Gdask, klub asal Polandia sebagai gelandang, namun masih banyak dijadikan sebagai cadangan. Akhirnya, pada tanggal 21 Januari 2022, Witan Sulaeman resmi dipinjamkan ke klub asal Slovakia, FK Senica. Dengan demikian, Witan akan mendapatkan lebih banyak menit bermain di Eropa.

3. Egy Maulana

FikriTidak lupa juga dengan Egy Maulana yang namanya mulai naik sejak AFF U-18 tahun 2018 silam. Berhasil menorehkan 2 gol di piala AFF 2021, datangnya Egy tentu membakar semangat rekan-rekan Timnas lainnya. Pemuda asal medan ini masih berusa 21 tahun, namun sudah berhasil bermain di liga Eropa sejak tahun 2018.

Mirip dengan Witan, sebelumnya Egy juga sempat bermain di Lechia Gdask dan akhirnya pindah ke FK Senica lebih dahulu dari Witan.

Memang belum sempat meraih gelar juara, namun perkembangan sepak bola Indonesia menuju ke arah yang sudah benar. Bukan hanya 3 nama besar di atas yang bisa diharapkan, melainkan banyak sekali pemain muda bertalenta Indonesia yang masa depannya tentu bisa diperhitungkan. Mari bersama-sama kita mendukung Tim Nasional Indonesia baik dalam suka maupun duka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak