facebook

5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Pilih yang Mana?

Fatson Tahya
5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Pilih yang Mana?
Gunung Merbabu (Twitter/@salatiga_info)

Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato. Secara administratif, Gunung Merbabu berada di wilayah Kabupaten Magelang pada lereng sebelah barat, Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara. Gunung yang mempunyai ketinggian 3.145 mdpl ini bagi kalangan pendaki termasuk gunung yang populer sebagai ajang pendakian. Berikut 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu:

1. Jalur Selo

Jalur pendakian Gunung Merbabu melalui Jalur Selo adalah jalur yang paling populer bagi para pendaki. Jalur Selo memiliki lokasi basecamp yang berada di Desa Genting Tarubatang, Dusun I, Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Jalur Selo merupakan jalur yang landai, sehingga jalur ini ramah untuk pendaki pemula. Jika pendaki melalui jalur ini maka pendaki bisa mendirikan tenda di Sabana 2, Sabana 2 sangat terkenal karena di tempat ini pendaki bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik, dan juga pemandangan rasi bintang pada malam hari. Jalur selo mempunyai 5 pos pendakian, dengan waktu tepuh pendakian  sekitar 6-10 jam. Jalur Selo juga mempunyai fasilitas yang memadai untuk pendakian, ada RFID untuk mendeteksi keberadaan pendaki di gunung.

2. Jalur Suwanting

Jalur Suwanting adalah jalur pendakian dari arah barat Gunung Merbabu. Pintu masuk Jalur Suwanting berada di Kabupaten Magelang. Basecamp Jalur Suwanting berada di Jalan Suwanting, Suwanting, Banyuroto, Sawangan, Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Jalur ini terkenal sangat terjal karena jalur pendakian melalui bagian barat Gunung Merbabu, bagian barat Gunung Merbabu berisi deretan bukit yang sangat tinggi dan curam, jalur ini tidak cocok untuk pendaki pemula. Jalur ini juga memiliki karakter khas yang lain yaitu Jalur Suwangin memiliki angin dingin. Walau demikian, Jalur Suwanting memiliki pemandangan yang sangat indah, di jalur ini pendaki akan mendapatkan panorama matahari terbit dan matahari terbenam yang indah dari Puncak Suwanting. Waktu tempuh untuk melakukan pendakian Gunung Merbabu melalui Jalur Suwanting adalah sekitar 8-12 jam.

3. Jalur Wekas

Jalur Wekas adalah jalur pendakian Gunung Merbabu melalui sisi barat, gerbang pendakian melalui jalur ini berada di Desa Wekas, Magelang. Lokasi basecamp berada di Area Sawah/Kebun, Kaponan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Jalur Wekas adalah jalur yang tercepat untuk sampai ke puncak Gunung Merbabu. Jalur ini juga todak terlalu berat untuk pendaki pemula, pada Jalur Wekas terdapat sumber air di area Pos 2. Pendaki yang melalui jalur ini akan dapat melihat Kawah Candradimuka dengan sangat jelas, bahkan para pendaki bisa mencium bau belerang. Jalur Wekas memiliki 3 Pos Pendakian dengan waktu tempuh untuk mencapai puncak adalah sekitar 5-10 jam.

4. Jalur Cuntel

Jalur ini berawal dari kawasan wisata Kopeng, jalur ini memiliki lokasi basecamp di Jl. Umbul Songo km. 2,5, RT. 01/RW. 01, Cuntel, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah. Pendaki yang melalui jalur pendakian ini bisa memasuki area Kawah Candradimuka Gunung Merbabu, serta pendaki bisa melihat flora dan fauna Taman Nasional Gunung Merbabu di Hutan Cuntel, di area ini masih terdapat banyak satwa liar seperti monyet, ayam hutan, elang, dan lain-lain, jalur ini memiliki banyak jalan setapak yang landai. Dibutuhkan waktu 6-10 jam untuk sampai ke puncak Gunung Merbabu melalui jalur ini, Jalur Cuntel memiliki 3 Pos Pendakian.

5. Jalur Thekelan

Jalur pendakian ini menyuguhkan pemandangan 5 gunung yang cantik yaitu Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, serta Gunung Sumbing.

Jalur Thekelan merupakan jalur pendakian Gunung Merbabu melalui sisi utara, gerbang pendakian jalur utara berada di Thekelan, Batur, Getasan, Semarang, Jawa Tengah. Jalur Thekelan merupakan jalur pendakian yang cenderung normal, karena masih banyak jalur yang landai serta memutari bukit.

Jalur Thekelan terkenal dengan jalur yang kaya akan sumber air, berbeda dengan jalur pendakian Gunung Merbabu yang lain, jalur ini adalah jalur pendakian Gunung Merbabu yang tertua. Terdapat 4 Pos Pendakian pada Jalur Thekelan, dengan waktu tempuh pendakian sekitar 7-11 jam.

Jadi pilih jalur yang mana untuk mendaki Gunung Merbabu? Lima jalur pendakian tersebut memilki karakteristik masing-masing, jadi sesuaikan dengan kondisi juga untuk mendaki Gunung Merbabu. Tetap patuhi aturan yang berlaku selama mendaki Gunung Merbabu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak