facebook

Menekuni Kegiatan Content Creating: Berangkat dari Hobi Menuju Karier

Armand IS
Menekuni Kegiatan Content Creating: Berangkat dari Hobi Menuju Karier
Ilustrasi Seorang Content Creator (Unsplash/AQVIEWS)

Era sudah semakin maju, sehingga berbagai macam aktivitas dan hobi baru yang dilakukan oleh masyarakat kian beragam. Berkat kemajuan teknologi dan hadirnya media sosial, muncul sebuah konsep kegiatan pelipur lara baru yang bernama content creating atau kegiatan membuat konten.

Seorang pembuat konten umumnya dikenal sebagai content creatorMereka terdiri atas berbagai jenjang dari amatir hingga profesional. Terlepas dari tujuannya, kegiatan membuat konten adalah sebuah kegiatan yang mengasyikkan dan menjadi sebuah hobi yang produktif.

Content sebagai sebuah komoditas

Content sendiri telah menjadi sebuah komoditas yang bernilai ekonomis. Berkat hadirnya media sosial, berbagai bisnis menggunakan konten sebagai media komunikasi untuk engage dengan konsumen. Sehingga, berbagai individu dengan kemampuan membuat konten menjadi sasaran bagi pebisnis untuk menjadi penyalur pesan tersebut.

Selain sebagai penyalur pesan dari berbagai bisnis dan produk, konten dapat menjadi wadah adsense seperti di YouTube. Video yang diproduksi oleh seorang pembuat konten dapat berpotensi untuk disisipkan beberapa detik iklan ketika pembuat konten sudah memiliki portfolio yang baik dan audiens yang besar. Tentu, mereka memperoleh timbal balik berupa uang yang dibayarkan oleh pengiklan tersebut.

Berbagai macam kegiatan content creating

Konten sendiri merujuk pada berbagai media komunikasi visual dan media lainnya yang ditampilkan ke publik untuk dikonsumsi. Bentuk media tersebut memiliki keanekaragaman yang kian berkembang jumlahnya. Kita dapat mengambil salah satu contoh konten video. 

Video merupakan media konten yang membuka berbagai peluang luas untuk memasukkan berbagai pesan dan tujuan, dari tujuan edukatif, informatif, hingga tujuan menghibur. Membuat video menjadi sebuah kegiatan mengisi waktu luang yang menghibur, lantaran kita dapat menyorot kegiatan sehari-hari, mengulas kuliner, memberikan pesan edukatif, hingga konten lainnya.

Konten juga dapat berbentuk tertulis seperti artikel yang diterbitkan di berbagai platform jurnalistik hingga platform yang dikelola secara pribadi. Seperti konten video, artikel juga dapat mengangkat berbagai macam topik yang menarik nan informatif. Sehingga, membuka peluang untuk menyalurkan berbagai pikiran dan pengalaman dari seorang penulis.

Membuat konten sebagai wadah penyaluran ide dan gagasan

Produk konten seperti video dan artikel dapat menjadi wadah untuk menyalurkan ide, gagasan, dan pengetahuan yang kita miliki. Kita dapat menampilkan atau mengangkat berbagai pengetahuan yang kita pelajari dan kita kemas dalam bentuk yang menarik dan menghibur audiens. Sehingga, kita memiliki sebuah output untuk menuangkan isi pikiran kita agar bermanfaat bagi sesama.

Content creator sebagai sebuah profesi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa content creator memiliki berbagai jenjang dari amatir hingga profesional. Para pembuat konten profesional umumnya memproduksi konten dengan standar kualitas yang tinggi dan ditayangkan di berbagai platform yang menjangkau audiens luas seperti YouTube. Melalui konten yang mereka produksi, mereka mendapatkan keuntungan ekonomis dalam berbagai bentuk seperti adsense. Sehingga, content creator dapat menjadi pilihan karier yang kekinian dan prospektif.

Baik sebagai sekadar hobi atau profesi, membuat konten merupakan hobi yang positif dan menghibur. Maka, mari kita asah kemampuan membuat konten kita agar memiliki sebuah wadah untuk menyalurkan ide dan gagasan kita yang bermanfaat. Banyak platform yang menyediakan wadah bagi pembuat konten pemula, seperti yang ada akses sekarang ini, yakni Yoursay Suara.com.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak