facebook

Memecahkan 8 Kode Perilaku Kucing, Jangan Buat Dia Marah!

Agustina Rahma
Memecahkan 8 Kode Perilaku Kucing, Jangan Buat Dia Marah!
Ilustrasi tingkah laku kucing.(Pexels.com)

Hai cat lovers, pernah enggak sih kamu penasaran dengan perilaku kucing kamu yang seringkali aneh atau random? Memang tidak mudah untuk memahami tingkah laku kucing.Tapi tidak perlu khawatir, hal tersebut merupakan salah satu cara  kucing untuk berkomunikasi dengan kamu.

Kode-kode yang mereka tunjukkan padamu lewat suara, perilaku, dan gestur tubuh ini menggambarkan perasaan mereka kepada manusia. Maka dari itu, sebagai cat lovers yang baik, kamu perlu mengetahui kode-kode perilaku kucing untuk dapat memahami perasaan mereka. Berikut ini, rangkuman 8 kode perilaku kucing yang bisa kamu pelajari

1. Menggaruk

Salah satu perilaku kucing yang sering kali mereka lakukan adalah menggaruk-garuk sesuatu. Bukan tanpa alasan, lho cat lovers, mereka menggaruk untuk mengilangkan pertumbuhan kuku mati. Jadi, jangan marah apabila sofa atau karpet kamu tiba-tiba rusak atau berlubang karena ulah si manis. 

2. Membawa pulang hewan atau serangga mati

Kucingmu sering membawa pulang bangkai hewan? Jangan negatif thinking dulu, ya karena mereka ingin kamu menyimpankannya untuk di makan nanti. Tidak perlu khawatir pula karena membawa hadiah berupa hewan mati ke rumah adalah hal alami bagi kucing. 

3. Mengeong

Para ilmuwan mengeidentifikasi ada banyak bentuk "mengeong" yang dihasilkan oleh kucing. Masing-masing memiliki maknanya sendiri-sendiri, lho cat lovers, mulai dari mendesis, geraman, hingga jeritan. Semua bentuk mengeong ini digunakan untuk berkomunikasi secara spesifik denganmu. Bagi kamu yang tanggap pasti dapat membedakan mana suara meong untuk kode "lapar", "takut", "sakit hati", dan "bosan". 

4. Protes saat dipeluk

For your information nih cat lovers, beberapa kucing tidak suka dikurung dalam cara apapun, termasuk saat dipeluk. Oleh karena itu, apabila kucing yang kamu gendong atau peluk mulai menunjukkan protes, segera turunkan dia dengan lembut ke tempat awal. 

5. Bangun/mengeong pagi-pagi

Pernah terganggu karena kucingmu bangun dan mengeong pagi-pagi sekali? Hal ini normal kok bagi kucing. Kamu dapat menghentikan meongan kucing dengan memberi mereka makan. Apabila kamu ingin kucingmu tidur lebih lama, pasanglah tirai di tempat tidur mereka agar sinar matahari tidak membangunkannya. Kejadian seperti ini biasa terjadi seiring pergantian musim. 

6. Berhenti, jatuh, dan berguling 

Kamu pasti sering melihat tingkah mereka yang lucu, seperti jatuh, berguling, berhenti secara tiba-tiab di depanmu. Ternyata hal tersebut merupakan kode agar kamu memperhatikannya alias "caper". Jadi, jangan sering-sering dikacangain, ya cat lovers.

7. Mengeong tanpa henti 

Apabila kucingmu lebih cerewet (mengeong tanpa henti) dari biasanya , itu merupakan kode minta tolong. Mungkin ia sedang kesakitan dan harus segera kamu bawa ke dokter hewan. Alasan lainnya, yaitu dia ingin ditemani olehmu seharian. Untuk itu, pastikan si manis tidak kurang kasih sayang, ya. 

Itu dia 7 kode perilaku kucing yang perlu kamu tahu. Gimana nih, cat lovers menarik banget kan yaa. Tidak hanya manusia saja, lho yang perlu diperhatikan. Hewan peliharaan juga memiliki perasaan dan mood yang perlu kamu pahami agar mereka tidak marah dan stress. Semoga bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak