facebook

Performa Impresif Barcelona, Apa Saja Faktor yang Memengaruhinya?

Prasiyanto Priadi
Performa Impresif Barcelona, Apa Saja Faktor yang Memengaruhinya?
Bek Barcelona Gerard Pique merayakan kemenangan besar timnya bersama rekan-rekan satu tim setelah menjadi pemenang dalam El Clasico melawan Real Madrid di Santiago Bernabeu, Madrid. [Dok.Antara]

Barcelona terus menampilkan performa terbaiknya di bawah asuhan tangan dingin Xavi Hernandez. Pelan-pelan, step by step, mereka mampu merangkak ke posisi puncak atau papan atas liga setelah sebelumnya berada di papan tengah klasmen liga. Pada laga terakhir Barcelona mampu mengalahkan Sevilla, dengan kemenangan atas Sevilla ini membuat Barcelona naik ke peringkat dua klasemen sementara.

Faktor yang Membuat Naiknya Performa Barcelona

1. Memenangkan Laga El Clasico

Pada 21 Maret yang lalu, Barcelona secara mengejutkan mampu memenangkan duel el clasico, dengan mengalahkan sang pemuncak klasmen yaitu Real Madrid. Barcelona saat itu mampu melibas Real Madrid dengan skor yang cukup telak yaitu 0-4. Lebih spesialnya lagu kemenangan yang diperoleh Barcelona ini di depan pendukungnya Real Madrid.

Xavi Hernandez sebagai seorang pelatih dari Barcelona memberikan komentar yang cukup mengejutkan seusai pertandingan, ia pesimis kalau skuadnya mampu juara pada liga musim ini. Xavi sadar bahwa Barcelona terpaut banyak angka dari sang rival Real Madrid, walaupun begitu Xavi tetap fokus melatih Barcelona dan lebih memfokuskan dalam hal urusan produktivitas gol. Ia ingin kalau anak asuhnya mencetak sebanyak mungkin gol pada setiap pertandingannya. Ini terbukti dengan data yang dihasilkan di atas lapangan, Barcelona sejak diasuh oleh Xavi Hernandez, mampu menjadi tim yang produktif yang kerap mencetak empat gol di setiap pertandingan yang dilakoni.

2. Mengalahkan Tim Papan Atas

Mampu mengalahkan tim papan atas, pada laga terbarunya Barcelona mampu mengalahkan tim papan atas Sevilla dengan skor tipis 1-0, seperti kita ketahui bahwa Sevilla bukan tim sembarangan dengan dihuni oleh pemain-pemain top seperti Lamela, Rakitic hingga Martial. Selain itu keberhasilan mengalahkan Sevilla tidak lepas dari kontribusi dari seorang Pedri, gelandang berusia 19 tahun ini mampu mencetak satu-satunya gol untuk kemenangan Barcelona.

3. Tidak Terkalahkan 15 Pertandingan

Dengan mengalahkan Sevilla, menambah catatan bagus Barcelona dengan tidak terkalahkan selama 15 laga di semua ajang kompetisi. Dari 15 laga, 11 diantaranya mampu dimenangkan oleh Barcelona dan 4 sisinya berakhir imbang. Ini artinya Barcelona mampu meraih kemenangan 6 laga secara berturut-turut. Inilah yang membuat Barcelona secara mengejutkan mampu berada diposisi ke dua klasmen sementara. Tetapi sayangnya terpaut cukup banyak poin dari sang pemuncak klasmen Real Madrid.

Kita nantikan pada akhir musim, apakah Barcelona mampu menyalip sang rival dan mengkudeta pemuncak klasmen atau malah sebaliknya Real Madrid akan lebih menjauh dari Barcelona.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak