facebook

Final Liga Europa: Frankfurt versus Rangers, Frankfurt Lebih Dijagokan?

Ahmad Zubairi
Final Liga Europa: Frankfurt versus Rangers, Frankfurt Lebih Dijagokan?
Ilustrasi Rangers. (Instagram.com/@rangersfc)

Kau boleh berasumsi, bahwa Liga Europa bukanlah liga yang, tak begitu mendebarkan. Kau juga boleh beranggapan bahwa liga yang lazim dilaksanakan malam Jumat ini kurang membuat penonton bergairah. Ya, apa pun perspektifnya, itu semua sah-sah saja. Tapi, bagi pendukung Eintracht Frankfurt atau Rangers, atau bagi kedua tim tersebut, itu bukan lagi drama yang sifatnya "ah cuma Liga Europa". 

Jangan anggap Liga Malam Jumat ini helatan sepak bola yang kurang menjanjikan mata. Walaupun, lima puluh persen, bisa jadi hal itu disepakati. Namun, klub ternama seperti Barcelona pun tak sanggup melewati drama di liga ini dengan sepak terjal yang baik. Barcelona dipaksa gagal merengkuh satu-satunya trofi yang mereka dambakan saat ini. 

Kekalahan itu, adalah berkat kecemerlangan anak-anak Frankfurt di Camp Nou. Frankfurt bisa menggagalkan rencana manis Blaugrana. Dan pada titik terang, di final, Frankfurt lah yang akan membidik trofi dambaan Barcelona tadi. 

Frankfurt akan bersua dengan salah satu klub tersohor di Skotlandia, Rangers dini hari. Tepatnya, Kamis 19 Mei 2022. Kabarnya, laga final, laga penentuan nasib yang sebenarnya ini, akan dihelat di Spanyol, Roman Sanchez Pizjuan Stadium. Kabarnya, begitu. Lantas siapakah yang akan mengangkat trofi Liga Europa nanti? Ya, nggak tahu. Lha, kok tanya saya?

Tapi, tapi lho, ya. Banyak yang memprediksi, bahwa Frankfurt lah yang akan menjadi pemenangnya. Eits. Tunggu dulu. Jangan ngegas dulu buat fans Rangers. Meski besutan Oliver Glanser itu di atas kertas difavoritkan meraih kemenangan, bukan lantas anak asuh Giovanni mu itu tak punya mental dan kualitas yang mumpuni. Percayalah. Rangers kamu itu tim kuat, kok. Lho, nggak percaya? Sederhananya, begini. 

Ranger tak akan sanggup menginjakkan kakinya di final Liga Europa ini kalau tak punya kelebihan. Untuk melaju ke final, itu butuh kemenangan dengan bungkusan semangat perjuangan yang gigih. Dan Rangers, berhasil melakukan itu semu. Mereka sukses menyingkirkan Dortmund dan Leipzig adalah salah satu bukti: Rangers bukan tim sembarangan. 

Frankfurt, kenapa diunggulkan? Salah satu hal yang paling mendasar, karena Frankfurt dulu, di era 1960, dua kali sukses jinakkan Rangers di ajang ini. Tapi, itu dulu. 

Okey. Jika begitu mari telisik lebih modern. Utamanya, musim ini. Frankfurt telah menumbangkan Real Betis, Barcelona dan West Ham. West Ham, lho. Yang beberapa hari yang lalu sukses menahan City imbang di EPL. Bahkan sempat unggul 2:0. Artinya, Frankfurt memang sedikit lebih kuat dari Rangers. 

Tapi itu sekadar prediksi. Ingat, ini final. Nomor punggung pemain dari kedua tim boleh tak berubah. Tapi mental belum tentu tetap bulat. Nuansa final itu berbeda. Mental dan keajaiban adalah hal yang sangat mencolok di laga-laga final. Kekuatan individu dan kelompok, itu mengikuti bagaimana mental mereka di atas lapangan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak