facebook

5 Tips Menulis Novel Fantasi, Bawa Pembaca dalam Dunia yang Kamu Ciptakan

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips Menulis Novel Fantasi, Bawa Pembaca dalam Dunia yang Kamu Ciptakan
Ilustrasi Menulis Novel (Pixabay/Pexels)

Siapa di sini yang suka baca novel fantasi? Genre satu ini memang memiliki banyak penggemar karena di dalamnya terdapat dunia yang belum pernah diketahui bahkan dibayangkan sebelumnya. Untuk menulis novel fantasi sendiri juga diperlukan beberapa hal sehingga novel akan terlihat hidup dan berhasil membawa pembaca ke dalam dunia yang penulis ciptakan. Bagi kamu yang tertarik membuat novel dengan genre fantasi, cobalah lima tips di bawah ini.

1. Pemikiran yang Out of The Box

Seperti yang kita tahu bahwa novel-novel fantasi kebanyakan memiliki alur, setting, dan tokoh yang unik, hal ini menuntut penulis menggunakan pemikiran yang berbeda dari biasanya atau out of the box. Kamu juga harus berani dan jangan ragu, keraguan tersebut malah akan memberi kesan tidak meyakinkan pada karyamu, pembaca bisa merasakan hal itu, lho.

2. Beri Sentuhan Magis

Rasanya hampir semua novel fantasi terdapat sentuhan magis di dalamnya, karena hal tersebutlah yang bisa menciptakan kesan unik dan menarik perhatian pembaca untuk larut dalam cerita yang kita buat. Misalnya kamu membuat cerita tentang seorang perempuan yang memiliki kekuatan untuk bisa menghentikan waktu.

3. Ringan dan Tidak Terlihat Mengada-ada

Cerita yang ditampilkan dalam novel fantasi memang diada-ada,akan tetapi tetaplah buat cerita yang ringan sehingga tetap terlihat natural. Terkadang cerita yang terlalu mengada-ada, ditambah dengan keraguan penulis saat menulisnya, malah membuat pembaca merasa illfeel.

4. Padukan dengan Genre Petualangan

Genre fantasi selalu cocok dan menarik apabila dipadukan dengan genre petualangan, kita lihat novel-novel seperti Harry Potter dan The Lord of The Rings yang juga menyajikan cerita petualangan. Keduanya akan menghasilkan cerita yang seru, menarik untuk dibaca, dan tidak biasa.

5. Tidak Selalu Bersetting Masa Lalu

Novel fantasi tidak selalu bersetting di masa lalu seperti di kerajaan, kamu bisa memakai setting waktu saat ini atau bahkan masa depan untuk membuat novel fantasi. Cerita tentang anak sekolah seperti Percy Jackson bisa kamu jadikan inspirasi atau membuat cerita lain yang sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Itulah 5 tips membuat novel fantasi agar bisa menarik perhatian pembaca dan membawa mereka ke dalam dunia yang kamu ciptakan, selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak