facebook

3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Orang Lain Lewat Tulisan

Sapta Stori
3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Orang Lain Lewat Tulisan
Ilustrasi seseorang yang sedang menulis.(Unsplash.com/J Kelly Brito)

Orang-orang yang suka menulis tentunya memiliki berbagai alasan mengapa mereka menulis. Ada orang yang menulis untuk menekuni hobi, menyalurkan emosi, bahkan mencari penghasilan. Apa pun alasan seseorang menulis, hal itu tidaklah menjadi masalah, selama tulisan yang dihasilkan merupakan tulisan yang baik dan bermanfaat.

Kamu mungkin termasuk salah satu orang yang gemar menulis. Meski awalnya kamu menulis hanya untuk dirimu sendiri, tapi tidak menutup kemungkinan, kamu bisa bermanfaat untuk orang lain melalui tulisan-tulisan yang kamu lahirkan.

Berikut 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk orang lain lewat tulisanmu.

1. Memberi semangat pada orang lain

Tak sedikit orang yang sedang terpuruk dan bersedih, mencari inspirasi tentang hal yang bisa membuat mereka semangat lagi dari tulisan-tulisan orang lain. Siapa yang tahu, mungkin saja salah satu dari mereka menemukan tulisanmu dan membacanya.

Lewat tulisanmu, kamu bisa memberikan dukungan pada orang lain, bahkan menularkan semangat hidup dan membuat mereka kembali mampu menatap masa depan mereka.

2. Menjadi solusi bagi masalah orang lain

Selain memberi semangat, kamu juga bisa menjadi solusi bagi masalah orang lain. Kamu mungkin hanya ingin menulis dan tidak bermaksud mengarahkan tulisanmu kepada seseorang. Namun, ketika orang lain membaca tulisanmu, mungkin saja mereka bisa menemukan solusi dari masalah yang sedang mereka alami.

Dengan begini, secara tidak langsung, kamu telah berhasil membantu orang lain dalam menjalani kehidupan mereka. Tulisanmu membawa manfaat besar dan berkelanjutan. Dengan tulisanmu, kamu bisa berbuat banyak untuk orang lain, bahkan meski kamu tidak mengenal mereka dan tidak mengetahui masalah mereka sama sekali.

3. Membantu orang lain menjadi lebih baik

Terkadang, kita melakukan kesalahan tanpa kita sadari. Kita baru tersadar akan hal itu ketika ada seseorang yang mengingatkan kita. Bukan mustahil, seseorang dapat menyadari bahwa ia telah berbuat suatu kesalahan, karena ia membaca tulisan yang kamu buat. Dengan begitu, artinya kamu telah membantu seseorang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tulisan-tulisan yang baik tentu akan membawa kebaikan pula, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Sudah menjadi tugas kita yang gemar menulis, untuk menciptakan tulisan-tulisan yang berfaedah, agar orang lain yang membacanya turut mendapatkan manfaat dari karya-karya kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak