facebook

Bukan Sekadar Penyalur Hobi, 5 Hal yang Bisa Kamu Dapat dari Menulis Novel

Desyta Rina Marta Guritno
Bukan Sekadar Penyalur Hobi, 5 Hal yang Bisa Kamu Dapat dari Menulis Novel
Ilustrasi menulis novel (Pixabay.com/Pexels)

Bagi seorang penulis sekaligus orang yang suka berimajinasi, menulis novel adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Namun, kalau kita mau menyadari, menulis novel bukan hanya sebagai penyalur hobi, lho. Ada beberapa hal yang bisa kita dapat saat menulis novel.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu dapat dari menulis novel. Simak baik-baik, ya.

1. Rileks

Menulis novel adalah kegiatan penyalur hobi sekaligus penyalur ide, ide-ide yang ada di kepala kalau tidak disalurkan bisa membuat kita merasa resah. Dengan menuangkannya dalam sebuah tulisan, maka kita akan jauh merasa lebih rileks.

Bahkan, kalau kamu sedang merasa suntuk dan stres, cobalah untuk menuliskannya dalam bentuk tulisan agar merasa lebih tenang.

2. Pembaca Setia

Keuntungan menulis dan mempublikasikan novel adalah mendapat pembaca setia. Kamu pasti pernah membaca novel yang sangat bagus dan membuatmu mengidolakan penulisnya, kira-kira seperti itulah gambaran ketika kamu mendapat pembaca setia.

Dengan mereka, kamu mendapat teman sekaligus keluarga baru, apalagi kalau kamu perlakukan mereka dengan baik, hal yang sama pun akan terjadi padamu.

3. Pelajaran Hidup

Tak jarang seorang penulis malah menemukan pelajaran hidup dari kisah tokoh yang dibuatnya, meskipun cerita tersebut adalah fiksi. Apalagi seorang penulis memiliki sifat yang lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya, maka akan semakin banyak pelajaran hidup yang bisa didapat.

4. Pekerjaan

Salah satu hobi yang bisa jadi pekerjaan adalah menulis, termasuk menulis novel. Kalau kamu bersungguh-sungguh mendalami dunia itu, mau belajar, dan tekun, maka hobi menulismu bisa menjadi pekerjaan. Menyenangkan bukan? Bekerja sesuai dengan hobi sendiri, dengan begitu bekerja terasa lebih ringan dan tidak membosankan.

5. Uang

Kalau kamu sudah bisa menjadikan hobi sebagai profesi, maka tidak menutup kemungkinan uang pun juga akan datang. Dari menulis novel, kamu bisa mendapat royalti maupun hadiah dari pembaca setiamu.

Besar kecilnya tergantung pada tingkat profesionalitas yang kamu miliki, semakin berkualitas tulisanmu, maka akan semakin besar pula pendapatan yang bisa kamu hasilkan.

Itulah 5 hal yang bisa didapatkan dari menulis novel, meskipun banyak orang yang memandang sebelah mata hobi menulis, tapi pada kenyataannya hobi yang satu ini memberi manfaat yang banyak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak