facebook

5 Tips Produktif Menulis bagi Pemula, Bisa Bikin Kecanduan

Rania Erin Oktiara
5 Tips Produktif Menulis bagi Pemula, Bisa Bikin Kecanduan
Ilustrasi orang menulis (Pixabay.com/Pexels)

Menulis merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Kita bisa menyalurkan perasaan, ide, atau pengetahuan kita dalam tulisan tersebut. Tidak jarang saat ini banyak penulis muda yang karyanya sudah melejit hingga dibuat novel hingga film layar lebar.

Lantas, bagaimana cara untuk produktif menulis? Bagi pemula pasti rasanya berat untuk memulai hal ini. Terlebih memang dasarnya bukan menjadi hobi dan kerap kehabisan ide.

Berikut akan diulas 5 tips produktif menulis bagi pemula agar menjadi candu dan tidak kehabisan ide!

1. Tulis cerita ringan

Menulis mulai dari yang ringan seperti menceritakan hal yang dialami dalam sehari atau pengalaman yang menyenangkan. Seperti halnya curhat di buku diary, ternyata cara ini juga bisa memperbaiki paduan kalimat dalam tulisan apabila sering diasah.

Cerita ringan ini bisa dirangkai menjadi sebuah cerita pendek atau puisi. Seperti halnya kata peribahasa yang mengatakan sambil menyelam minum air, maka sambil menuangkan ide dan perasaan ke tulisan sekaligus belajar menulis yang baik.

2. Menulis hobi atau hal-hal yang disukai

Melakukan hobi merupakan aktivitas yang menyenangkan. Terlebih kita selalu tertantang untuk mengasah hobi tersebut hingga ke jenjang profesional dan menghasilkan pundi-pundi uang dari hobi tersebut.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengulas hobi lebih dalam, seperti menulis bagaimana cara melakukan hobi tersebut, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, sejarah, tokoh-tokoh berprestasi, alam, binatang, dan lain sebagainya yang membuat kita senang.

3. Membaca buku, artikel, atau majalah

Hal ini digunakan untuk menambah kosa kata dan lebih memahami maksud penulis membuat karya tulis tersebut. Selain itu, dengan banyak membaca kita bisa mengerti perpaduan kalimat yang baik sehingga tulisan lebih enak dibaca oleh orang lain.

4. Satu hari satu karya tulis

Kita perlu menantang diri apabila memang sudah niat ingin belajar menulis agar menjadi candu. Buat satu karya tulisan dalam sehari di waktu luang sehingga kamu tidak akan merasa tertekan dengan tantangan itu. Biasanya malam hari atau menjelang subuh adalah waktu terbaik untuk berpikir.

5. Memasang target dan ikut kelas menulis

Perlu adanya target waktu, jumlah tulisan, atau tujuan dalam menulis sesuatu. Misalnya untuk mengasah kemampuan menulis, ada tugas sekolah, lomba, dan lain sebagainya. Selain target, kemampuan menulis juga bisa diperdalam dengan ikut kelas menulis sehingga bisa bertemu dan bertukar pikiran dengan teman satu passion.

Nah, itulah sederet tips produktif menulis bagi pemula. Apakah kamu sudah menerapkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak