facebook

4 Cara Membuat Kamar Mandi Sempit Terkesan Luas, Tertarik Mencobanya?

Dream Praire
4 Cara Membuat Kamar Mandi Sempit Terkesan Luas, Tertarik Mencobanya?
ilustrasi kamar mandi (Pexels.com/ Pixabay)

Kamar mandi adalah salah satu ruang di mana orang bisa melakukan hal pribadi tanpa tenrganggu oleh orang lain. Walaupun demikian, tidak semua orang memiliki kamar mandi berukuran luas yang bisa memberikan perasaan lapang. Namun demikian, bukan berarti kamar mandi berukuran kecil harus terasa sempit dan pengap. Ada beberapa cara untuk memberi kesan luas pada kamar mandi yang berukuran kecil.

1. Gunakan warna terang

Ilustrasi kamar mandi (Pexels.com)/  Max Vakhtbovych
Ilustrasi kamar mandi (Pexels.com/ Max Vakhtbovych)

Warna-warna terang dapat memberi kesan luas. Kamu bisa menerapkan warna terang pada dinding, plafon dan juga lantai. Demikian juga dengan perabotan pendukung seperti wastafel bak dan lain-lain. Hindari terlalu banyak motif yang bisa memberi kesan terlalu ramai, penuh dan terkesan semakin sempit.

2. Minimalkan pernak-pernik

ilustrasi pernak-pernik (Pexels.com)/ Karolina Grabowska
ilustrasi pernak-pernik (Pexels.com/ Karolina Grabowska)

Keberadaan pernak-pernik memang bisa memberi detail yang lucu, menarik dan membuat ruangan tidak membosankan. Tetapi jika dipergunakan terlalu banyak untuk ruang yang sempit hal itu dapat menyebabkan ruangan terkesan berantakan. Untuk mengatasinya, gunakan seperlunya benda-benda yang mempunyai fungsi saja. Sebaiknya kurangi benda yang hanya berfungsi sebagai ornamen atau hiasan saja. Pilihlah pernik yang memiliki fungsi sekaligus berdesain bagus dan mampu mempercantik ruangan.

3. Manfaatkan cermin

ilustrasi cermin (Pexels.com)/ Barion McQueen
ilustrasi cermin (Pexels.com/ Barion McQueen)

Telah banyak yang tahu bahwa cermin mampu memberi ilusi kesan luas.Tempatkan cermin yang agak besar agar ruangan tampak lebih lapang dari yang sebenarnya. Jangan lupa untuk rajin membersihkan kaca cermin agak tidak buram yang justru membuat ruangan terkesan suram

4. Cukup cahaya

ilustrasi kamar mandi (Pexels.com)/  Nenad Savic
ilustrasi kamar mandi (Pexels.com/ Nenad Savic)

Agar kamar mandi tak terasa gelap, kamu perlu memastikan kecukupan cahaya dalam ruangan. Cahaya yang masuk akan membuat kamar mandi terang dan bisa mengalihkan pikiran dari ukurannnya yang sempit. Cahaya bisa berasal dari kaca jendela atau juga dari lampu.

Itulah 4 cara agar kamar mandi yang sempit dapat terasa luas. Terpenting adalah menjaga kondisi kamar mandi dengan rajin melakukan pembersihan rutin. Bagian dinding dan lantai juga perlu dibersihkan agar terbebas dari kotoran dan mencegah jamur berkembangbiak. Selain pembersihan rutin, semua penghuni rumah harus ikut memastikan kamar mandi selalu bersih usai dipakai. Setiap penghuni rumah sudah seharusnya melakukan kewajibannya untuk membersihkan kamar mandi yang dipergunakan bersama agar semua orang tetap merasa nyaman menggunakan kamar mandi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak