facebook

5 Cara Membuat Pembaca Ketagihan Baca Novelmu, Simak Yuk!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Cara Membuat Pembaca Ketagihan Baca Novelmu, Simak Yuk!
Ilustrasi menulis novel (Pixabay.com/Pexels)

Membuat novel di platform online memang salah satu jalan terbaik untuk berkarya saat ini, sama seperti novel cetak, tantangan membuat e-novel juga banyak. Salah satunya adalah membuat pembaca merasa ketagihan membaca novel kita, kamu sendiri pasti pernah kan membaca e-novel sampai terobsesi dan sangat menunggu bab selanjutnya terbit?

Lantas, bagaimana sih caranya membuat pembaca jadi ketagihan membaca novel yang kita buat? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Buat Cerita yang Ringan dan Banyak Disukai

Cerita yang ringan dan laku di pasaran adalah cara ampuh membuat pembaca ketagihan membaca novel kita, cerita yang ringan akan mudah dimengerti sehingga pembaca tidak mudah bosan.

Selain itu, kamu bisa menggunakan tema cerita yang banyak disukai oleh target pasarmu, misalnya targetmu adalah anak muda, maka tema yang cocok adalah percintaan di sekolah atau petualangan.

2. Poin di Setiap Bab

Berilah poin adegan di setiap bab yang akan kamu terbitkan, poin yang dimaksud disini bisa berupa kejutan yang menjadi titik utama dari kelanjutan cerita novelmu. Usahakan untuk tidak bertele-tele dalam menulis cerita karena itu akan membuat pembaca merasa bosan.

3. Ending Bab Menggantung

Membuat akhir cerita yang tidak jelas alias menggantung bisa jadi cara ampuh untuk menarik perhatian pembaca agar penasaran dengan cerita yang kamu buat. Inilah yang bisa membuat pembaca menanti-nanti terbitnya kelanjutan bab novelmu.

4. Plot-Twist

Pernah membaca novel yang isinya sama sekali tidak tertebak? Itulah yang dinamakan plot-twist. Membuat plot-twist di beberapa bab akan membuat pembaca merasa penasaran dan ketagihan dengan kejutan-kejutan yang akan kamu tampilkan dalam kelanjutan novelmu.

Namun, membuat plot-twist seperti ini membutuhkan kreatifitas tinggi agar cerita menjadi epik tapi tetap nyambung.

5. Beri Jarak Waktu untuk Upload

Memberi jarak waktu upload juga bisa membuat pembaca merasa penasaran, misalnya kamu upload tiga kali seminggu pada hari tertentu, itu akan menjadi tanda bagi pembaca untuk menanti novelmu di hari-hari tersebut.

Itulah 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat pembaca merasa ketagihan membaca novelmu, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak