facebook

Jangan Diremehkan, Ini 5 Keuntungan Mengirim Tulisan ke Media Online

Berliana Dyah Ayu Tasya
Jangan Diremehkan, Ini 5 Keuntungan Mengirim Tulisan ke Media Online
Ilustrasi menulis di media online.(pixabay.dom)

Kamu yang mempunyai hobi menulis, sudahkah mencoba mempublikasikannya di media online? Mungkin selama ini kamu menulis dalam buku diary atau mengetik pada smartphone dimana hanya kamu yang membacanya. Atau mungkin mulai mencoba membagikan tulisan ke teman-temanmu. Kini saatnya, kamu mulai memberanikan diri untuk mengirimnya ke media online.

Ada 5 keuntungan yang akan kamu dapatkan jika tulisan kamu berhasil dipublikasikan.

1. Mendapat banyak pembaca

Dengan mengirim ke media online, tentunya jangkauan pembacanya jauh lebih luas. Berbeda ketika kita hanya membagikannya ke orang-orang terdekat. Ketika tulisan kita dibaca banyak orang, pasti muncul rasa bangga. Apalagi jika tulisan kita banyak yang memberi apresiasi, tentunya akan membuat lebih semangat untuk produktif menulis.

2. Penghasilan tambahan

Sekarang ini, mulai banyak media yang memberikan bayaran kepada penulis yang mengirimkan karyanya. Di Yoursay misalnya, akan memberikan reward kepada penulis untuk setiap artikel yang lolos atau berhasil terpublish. Siapa sih yang nggak mau mengerjakan hobi dan dibayar?

3. Menambah relasi

Siapa bilang penulis itu hobinya menyendiri, melamun dan nggak punya teman? Dengan mempublikasikan tulisan ke media online, selain membuat karya kita lebih dikenal, juga dapat menambah jaringan pertemanan. Beberapa platform menulis, menyediakan grup khusus untuk para kontributor. Dari mulai grup WhatsApp, Line, hingga telegram. Grup tersebut biasanya dibuat agar lebih mudah membagikan informasi kepada para kontributor.

Kita bisa mengambil kesempatan untuk berkenalan dengan anggota grup yang tentunya sama-sama mempunyai hobi menulis. Percayalah, mempunyai teman dengan hobi yang sama itu sangat seru dan menyenangkan. Kita bisa berbagi pengetahuan, pengalaman, dan yang paling penting saling mendukung.

4. Ajang belajar

Ketika tulisan kita banyak yang membaca dan mengapresiasi, terkadang akan ada yang memberikan kritik terhadap karya yang kita buat. Tidak perlu sedih ketika menerima kritik, karena kritik itulah kita bisa belajar untuk membuat karya yang lebih baik lagi. Atau ketika kita sudah mencoba mengirim tulisan tapi justru menerima penolakan dari media.

Jadikan kegagalan yang kita dapatkan sebagai ajang untuk memperbaiki diri. Jangankan para pemula, penulis yang sudah sukses pun juga tak bisa lepas dari kritikan. Karena dari kritik itulah salah satu sumber belajar.

5. Mengisi portofolio

Dalam melamar kerja, portofolio adalah hal yang sangat penting untuk dibuat. Karena itu berisi pencapaian kita selama ini. Ketika kamu ingin melamar kerja sebagai content writer, jurnalis, editor dan berbagai pekerjaan di bidang kepenulisan. Tentunya kamu harus punya skill kepenulisan yang mumpuni. Dengan rekam jejak kepenulisanmu di media online. Kamu bisa mencantumkan itu kedalam portofolionya sebagai bukti bahwa kamu punya karya di bidang ini dan pantas untuk diterima di pekerjaan yang kamu impikan.

Itulah 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memberanikan diri mengirim tulisanmu ke media online. Jadi tidak perlu lagi merasa ragu,  karena saat kamu berani mencoba, jerih payahmu dalam menulis akan membuahkan hasil dan tentunya membuatmu semakin semangat dalam berkarya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak