5 Macam Tanaman yang Sering Digunakan untuk Memasak, Ada Tomat

Dream Praire
5 Macam Tanaman yang Sering Digunakan untuk Memasak, Ada Tomat
ilustrasi berkebun bersama (PexelsG/ary Barnes)

Salah satu cara memanfaatkan lahan pekarangan atau pun teras adalah dengan berkebun. Berbagai macam tanaman dapat dicoba untuk ditanam. Dengan pemilihan tanaman yang sesuai dengan iklim dan perawatan yang tepat, tanaman dapat tumbuh subur walaupun hanya di tanah sempit. Bahkan jika hanya di pot sekali pun.

Jika kamu belum memutuskan apa yang akan kamu tanam di teras rumah kamu, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jenis tanaman yang bakal sering digunakan untuk memasak sehari-hari. Selain kamu bisa menyalurkan hobi berkebun, kamu pun bisa menghemat pengeluaran karena tak perlu lagi membeli beberapa jenis tanaman untuk memasak.

Berikut 5 jenis tanaman yang  sering dipergunakan untuk memasak:

1. Cabai

Mungkin kamu hampir setiap hari memerlukan cabai untuk memasak. Entah untuk sambal atau untuk sayuran dan juga lauk. Kamu bisa mulai menanam lcabai di teras. Bisa di tanah atau cukup dalam pot. Kamu bisa memanfaatkan sisa cabai di dapur yang sudah tua, ambil biijinya dan semai.

Ketika sudah berbuah, kamu bisa memanfaatkannya untuk memasak. Kamu juga tidak harus memetik semua sekaligus. Cukup ambil beberapa sesuai yang kamu butuhkan. Pilih yang paling tua. Esoknya biasanya kamu akan menjumpai cabai yang sudah menua di tangkai yang lain.

2. Tomat

Sama seperti lombok, kamu juga bisa memulai menanam tomat dengan mengambil bji tomat sisa memasak di dapur. Memiliki tanaman tomat, selain berguna untuk dimasak, juga menambah keindahan teras kamu. Daunnya berbentuk indah dan sedikit berbulu.

Bunga tomat yang kuning cerah juga cantik, walau ukurannya kecil. Belum lagi ketika sudah berbuah. Buahnya yang terlihat fresh dengan warna-warna cerah sesuai tingkat kematangannya. Hijau, kuning dan merah memberi pemandangan segar saat dilihat.

3. Aneka rimpang

Mulai dari jahe, kunyit, kencur dan sejenisnya bisa kamu tanam. Bahkan jika kamu tak ingin membeli bibitnya secara khusus, kamu tetap bisa mulai menanam aneka rimpang ini. Manfaatkan rimpang segar yang ada di dapur kamu. Potong umbi rimpang dan tanamlah dalam pot atau tanah.

Menanam rimpang banyak manfaatnya. Selain untuk memasak, beberapa jenis rimpang juga dapat dimanfaatkan menjadi munuman tradisonal yang menyehatkan. Kamu pasti sering mendengar wedang jahe, beras kencur, kunyit asam dan lain-lain.

4. Serai

Serai tergolong cukup mudah ditanam. Tancapkan saja pangkal serai segar yang kamu beli di pasar. Tak berapa lama serai tersebut akan tumbuh akar. Kamu juga bisa merendam serai dalam air sampai akarnya tumbuh lalu pindahkan ke tanah.

5.Bawang-bawangan

Mulai dari bawang merah sampai bawang prei bisa kamu coba. Kamu bisa membeli bibit di penjual tanaman atau kamu juga bisa menanamnya langsung dengan mengambil beberapa siung bawang dari dapur kamu.

Beberapa orang memotong ujuang atas bawang sebelum menanamnya denga maksud agar bawang cepat bertunas. Kamu bisa menanam bawang di dalam pot dan tetap subur asal dirawat dengan benar.

Jika kamu ingin hasil berkebunmu hasilnya memuaskan, lakukan perawatan dengan baik. Kamu bisa mempelajari cara-cara bertanam dari buku atau sumber terpercaya lainnya. Kamu juga bisa bertanya kepada kawan yang sudah berhasil melakukannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak