4 Hal Nikmat yang Bisa Didapat saat Mendaki Gunung

Ariya Gesang
4 Hal Nikmat yang Bisa Didapat saat Mendaki Gunung
Ilustrasi mendaki gunung (Pixabay.com/Pexels)

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menguras tenaga. Namun, kenikmatan yang didapat membuat orang mau repot-repot untuk mendaki. Cerita orang-orang tentang pendakian membuat kita penasaran seperti apa rasanya berada di atas sana? Apalagi zaman sekarang sudah banyak media sosial yang bisa dijadikan ajang pamer foto. Tak jarang kita melihat foto pendaki sedang berpose di puncak. Membuat rasa penasaran kita semakin menggunung.

Banyak pemula yang sudah mendaki satu gunung kemudian ingin melanjutkan pendakian di gunung lainnya. Itu sudah menunjukkan bahwa rasa lelah adalah harga yang layak dibayar untuk nikmatnya pendakian. Apa saja sih kenikmatan yang bisa kita dapat di sana? Jika kita belum pernah mendaki gunung, mungkin pertanyaan itu muncul di benak kita. 

Berikut 4 hal nikmat yang bisa didapat saat mendaki gunung:

1. Oksigen yang Berlimpah

Tempat yang dipenuhi pepohonan selalu menyediakan oksigen yang berlimpah. Kita bisa merasakan kenikmatannya jika kita terbiasa hidup di kota dengan aktivitas yang padat dan berpolusi. Oksigen yang berlimpah akan memanjakan paru-paru kita, melancarkan kerja otak, dan memberi semangat untuk mendaki ke puncak. 

2. Pemandangan Luar Biasa

Ada banyak pemandangan luar biasa selama perjalanan. Kita bisa menikmatinya dengan secangkir kopi seraya duduk di pinggiran tebing. Awan tipis bisa terlihat di bawah kita, menghiasi pepohonan yang menyimpan kegelapan tak terjamah. Bahkan saat hujan datang sekalipun, dedaunan yang terguyur di depan tenda menjadi pemandangan yang menyejukkan. 

3. Percakapan Sepanjang Perjalanan

Percakapan dengan teman kita di sepanjang perjalanan menjadi salah satu kenikmatan tersendiri. Entah sedang dalam peristirahatan ataupun melangkah. Apalagi jika teman yang kita ajak menyenangkan dan suka bercerita. Percakapan yang berlangsung menarik akan membuat kita tak merasa sudah mendaki cukup tinggi.

4. Kepuasan Mencapai Puncak

Puncak adalah klimaks dari mendaki gunung. Ada matahari terbit di ujung cakrawala yang ditunggu-tunggu oleh semua pendaki. Perlahan tapi pasti sinarnya menyinari daratan dan awan-awan yang membahu. Puncak gunung memang bisa terasa asing bagi seorang pemula, tapi sekaligus tempat di mana mereka bisa merasakan kebebasan yang langka. Rasa bangga mencapai puncak merupakan kenikmatan yang luar biasa, seolah menyingkirkan masalah yang ada dan menggantinya dengan kehidupan baru.

Itulah 4 hal nikmat yang bisa didapat saat mendaki gunung. Ada banyak gunung di Indonesia yang patut dikunjungi. Jika kita belum pernah mendaki sama sekali, setidaknya mendakilah satu kali seumur hidup. Jika kita belum mampu untuk membeli peralatannya secara lengkap, jangan khawatir, zaman sekarang sudah banyak toko-toko yang menyewakan peralatan pendakian dengan harga terjangkau. Nikmatilah pendakian kita bersama teman yang sudah profesional agar perjalanan terasa nyaman.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak