5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Artikelmu Terbit

alif izzul haq
5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Artikelmu Terbit
ilustrasi menulis (Pixabay/startupstockphotos)

Mungkin bagi kamu yang saat ini masih menjadi seorang penulis lepas, pasti merasa cukup kesulitan untuk bisa menerbitkan sebuah artikel di sebuah media, baik media online ataupun media cetak. Hal tersebut dikarenakan artikel yang kita buat pastinya akan diseleksi terlebih dahulu. Jadi belum tentu artikel yang kita kirimkan akan langsung diterbitkan oleh media tersebut.

Ketika artikelmu sudah berhasil terbit di media tersebut, mungkin kamu akan merasakan kebahagiaan tersendiri. Karena hal tersebut sudah dapat membayar jerih payahmu dalam menulis sebuah artikel. Namun terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan setelah artikelmu berhasil terbit.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah artikelmu berhasil terbit.

1. Membaca ulang artikel tersebut

Setelah artikelmu berhasil terbit maka jangan lupa untuk membaca ulang artikel tersebut. Kamu harus mencermati artikel yang kamu muat, apakah terdapat perubahan kata atau kalimat dalam artikel tersebut. Jika terdapat perubahan kata berarti kata atau kalimat yang kamu tulis sebelumnya tidak tepat dan sudah diganti oleh tim editor dari media tersebut. Hal itu bisa kamu jadikan sebuah evaluasi dalam menulis artikel selanjutnya.

2. Melihat artikel yang memiliki banyak view

Setelah kamu berhasil menerbitkan beberapa artikel, maka kamu harus melihat kembali view dari setiap artikel yang kamu terbitkan. Kamu dapat melihat artikel mana yang memiliki view paling banyak dan paling sedikit. Setelah melihat view dari setiap artikel, maka kamu dapat menulis artikel dengan topik yang sama dengan artikel yang memiliki view paling tinggi.

3. Membagikan artikelmu di media sosial

Setelah menulis artikel dan berhasil menerbitkannya maka jangan lupa untuk membagikan artikel tersebut di media sosial yang kamu miliki. Tujuan dari hal itu adalah agar artikel yang kamu terbitkan bisa memiliki banyak view. Selain itu hal tersebut juga sangat berguna untuk membangun personal brandingmu sebagai seorang penulis.

4. Meminta komentar dari sahabatmu

Selain membagikan artikelmu di media sosial, kamu juga dapat membagikan artikelmu ke teman dekat yang kamu miliki. Setelah mereka membaca artikel tersebut kamu dapat meminta komentar dan masukan darinya. Karena biasanya teman dekat tidak akan segan untuk memberikan komentar terhadap karya yang kamu buat.

5. Mencoba menulis dengan topik yang berbeda

Setelah kamu menerbitkan beberapa artikel dengan topik yang sama, maka cobalah menulis artikel dengan topik yang berbeda. Tujuan dari menulis dengan topik yang berbeda adalah agar kamu dapat memiliki ilmu baru dalam menulis artikel. Selain itu agar pembaca artikelmu tidak bosan dengan topik artikel yang kamu buat.

Itulah lima hal yang harus kamu lakukan setelah artikelmu berhasil terbit. Kamu harus ingat bahwa setelah artikelmu berhasil terbit maka jangan lupa untuk melakukan evaluasi dari artikel tersebut.

Video yang mungkin Anda suka

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak