5 Hal yang Harus Kamu Lakukan ketika Buku Temanmu Terbit

alif izzul haq
5 Hal yang Harus Kamu Lakukan ketika Buku Temanmu Terbit
Ilustrasi penulis (pixabay/startupphotos)

Mungkin bagi setiap orang yang hobi menulis ia memiliki impian untuk dapat menerbitkan tulisannya menjadi sebuah buku. Untuk menerbitkan sebuah buku tidak semudah seperti yang dibayangkan. Kita harus memenuhi kriteria kualitas yang sudah ditentukan oleh pihak penerbit. Oleh karena itu, untuk menerbitkan sebuah buku seringkali memakan waktu yang cukup lama. Karena kamu harus benar-benar melatih skill menulismu untuk dapat menghasilkan kualitas tulisan yang baik. Nah, ketika temanmu berhasil menerbitkan buku, maka kamu harus mengapresiasi dirinya. Berikut lima hal yang harus kamu lakukan ketika temanmu berhasil menerbitkan sebuah buku.

1. Memberikan ucapa selamat sebagai apresiasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mengetahui buku temanmu terbit, adalah memberikan ucapan selamat kepadanya. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada dirinya.

Selain itu, ucapan selamat yang kamu berikan dapat memberinya motivasi tambahan untuk terus berkarya. Alhasil ia akan semakin semangat untuk berusaha menulis dan menerbitkan buku kembali.

2. Mendukungnya dengan tidak meminta buku gratisan

Ketika kamu mengetahui temanmu berhasil menerbitkan buku, maka jangan pernah sekali-sekali untuk meminta buku gratisan terhadap temanmu. Hal itu sama saja kamu tidak menghargai usaha yang sudah dikeluarkan oleh tamanmu tersebut.

BACA JUGA: Demi Bertahan Hidup di AS, Pandji Pragiwaksono Jual Mobil Hingga Perabotan di Indonesia

Jika kamu memiliki rezeki maka usahakan untuk membeli buku temanmu tersebut sebagai bentuk apresiasi. Jika kamu masih belum mampu untuk membeli paling tidak kamu telah mengucapkan selamat kepadanya.

3. Mengajaknya sharing pengalaman yang dimiliki

Jika kamu juga ingin menerbitkan sebuah buku, maka kamu dapat meminta temanmu untuk sharing pengalamannya dalam menerbitkan buku tersebut.

Pengalaman yang dimiliki oleh temanmu akan sangat membantu dirimu dalam proses penulisan. Kamu akan belajar banyak hal dari pengalaman yang dialami oleh temanmy tersebut.

4. Memberinya saran dan masukan

Tentunya, setiap buku pasti memiliki kelebihan dan kekurangan di mata setiap orang. Sebab, setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda terhadap setiap buku.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk dapat memberikan saran dan masukan kepada temanmu berdasarkan pandangan yang kamu miliki. Dengan saran dan masukan tersebut akan menambah wawasan yang dimiliki oleh temanmu.

5. Membantu promosi dari buku temanmu

Jika kamu memiliki banyak followers di media sosial maka kamu juga bisa membantu promosi buku temanmu yang baru saja terbit. Hal itu akan sangat membantu penjualan buku temanmu tersebut. Selain itu hal ini layak kamu lakukan ketika kamu masih belum mampu untuk membeli buku yang temanmu terbitkan.

Itulah lima hal yang harus kamu lakukan ketika temanmu berhasi menerbitkan buku yang ia tulis. Yang paling penting adalah kamu harus bisa memberikan apresiasi kepada temanmu tersebut. Jika kamu tidak bisa memberikan apresiasi dengan bentuk membeli buku, maka minimal kamu harus bisa mengucapkan selamat kepadanya.

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak