Head to Head Kroasia vs Brazil Babak Perempat Final Piala Dunia Qatar 2022

Aliffudin Iman
Head to Head Kroasia vs Brazil Babak Perempat Final Piala Dunia Qatar 2022
Potret Mateo Kovacic dan Dejan Lovren meninggalkan ruangan Prescon pada 7 Desember 2022 di Al Erssal Training Site 3, Doha, Qatar (REUTERS/Suhaib Salem)

Kroasia vs Brazil menjadi laga pembuka babak perempat Final Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Kota Pendidikan, Ar-Rayyan, Qatar.

Berhasil menang dramatis atas Jepang, Kroasia harus bersiap menghadapi Neymar CS yang memiliki kualitas jauh di atas mereka.

Dari sisi ranking FIFA saja, Kroasia sudah kalah jauh. Luka Modric dan kawan-kawan berada di peringkat ke-12 dalam ranking FIFA.

Sedangkan lawannya yaitu Brazil berada di peringkat teratas ranking FIFA. Tentu ini menjadi PR tersendiri bagi pelatih Kroasia Zlatco Dalic.

Kroasia dan Brazil tidak sekali ini bertemu. Di ajang Piala Dunia, mereka sudah pernah bertemu sebanyak dua kali dengan skuat Kroasia yang belum pernah menang di dua laga tersebut.

BACA JUGA: Lokasi yang Terbakar Diduga Lantai Ruang Kerja Menteri Yasonna, Penyebab Kebakaran Gegara Korsleting AC

Pertemuan pertama Timnas Kroasia dengan Brazil terjadi dalam laga persahabatan di tahun 2005. Tepat pada tanggal 17 Agustus 2005, pertemuan pertama mereka berakhir dengan skor imbang 1-1.

Setahun berselang, Timnas kroasia akhirnya bertemu dengan Brazil di Piala Dunia. Kala itu, Kroasia kalah tipis 0-1 atas Brazil.

Di tahun 2014, Kroasia kembali bertemu dengan Brazil di babak fase grup Piala Dunia 2014. Pada saat itu, Modric CS tak mampu berbuat banyak di Piala Dunia 2014.

Kekalahan 3-1 atas Brazil membuat Timnas Kroasia saat itu tidak berhasil lolos babak 16 besar karena hanya mendapatkan 3 point dari 3 pertandingan di fase grup.

Oleh sebab itu, pertandingan Kroasia vs Brazil di babak 8 besar Piala Dunia Qatar 2022 juga menjadi ajang balas dendam bagi tim Kockasti atas kekalahan 2014 lalu.

Berikut adalah catatan pertemuan dari Timnas Kroasia vs Timnas Brazil:

03-06-2018 Brasil 2 : 0 Kroasia (Friendly Match)

12-06-2014 Brasil 3 : 1 Kroasia (Piala Dunia)

13-06-2006 Brasil 1 : 0 Kroasia (Piala Dunia)

17-08-2005 Kroasia 1 : 1 Brasil (Friendly Match)

Jika melihat dari catatan pertandingan terakhir dari kedua tim, Brazil masih menjadi tim yang diunggulkan untuk memenangi duel di babak perempat final kali ini.

Melansir dari situs whoscored.com pantauan statistic dan prediksi skor pertandingan Kroasia vs Brazil juga memihak ke Neymar CS dengan skor akhir 0-2.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika Ivan Perisic dan kolega mampu menahan gempuran tim Samba dan melengserkan Brazil dari perebutan gelar juara Piala Dunia Qatar 2022. 

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak