alexametrics

Tren Digital Marketing di Era New Normal

Luis Andrianto
Tren Digital Marketing di Era New Normal
Ilustrasi Digital Marketing

Krisis kesehatan telah mempercepat digitalisasi tingkat lanjut , meningkatkan penyebaran internet dan teknologi online. Saat ini semakin banyak orang menggunakan web tidak hanya untuk mendapatkan informasi, tetapi juga untuk membeli segala jenis produk dan layanan, dengan penetrasi digital yang kini juga telah menjangkau sektor-sektor yang sampai sekarang masih sedikit tersentuh oleh virtualisasi.

Untuk memanfaatkan new normal, penting untuk mengetahui tren digital marketing mana yang paling penting diperhatikan untuk memahami bagaimana memanfaatkan peluang ini agar bisnis Anda sukses. Dalam konteks ini, penting untuk mengikuti beberapa aturan yang tepat, untuk menghindari kekalahan dalam persaingan dan membuat perusahaan Anda lebih efisien dan modern.

Pentingnya Investasi Dalam SEO dan UX

Selama beberapa tahun, perusahaan seperti Google telah berinvestasi dalam mengoptimalkan usex experience, menempatkan pengalaman pengguna sebagai sasaran bisnis mereka. Bukan suatu kebetulan bahwa perusahaan dari Mountain View Amerika Serikat ini  merilis pembaruan algoritme baru beberapa bulan belakangan.

Selama beberapa tahun, perusahaan seperti Google telah berinvestasi dalam mengoptimalkan pengalaman pengguna , menempatkan pengalaman pengguna sebagai pusat bisnis mereka. Bukan suatu kebetulan bahwa perusahaan Amerika dari Mountain View baru-baru ini merilis pembaruan algoritme baru, Pembaruan Pengalaman Halaman , di mana situs web yang menawarkan UX yang lebih baik kepada pengguna dihargai sambil menghukum orang lain.

Untuk bersaing di web modern, dukungan para profesional dalam SEO sangat penting. Bantuan konsultan SEO sangat penting untuk memahami cara mengoptimalkan situs web Anda, meningkatkan potensi alat komunikasi dan penjualan yang luar biasa ini.

Infrastruktur Omnichannel

Salah satu hal baru di bidang digital marketing adalah kebutuhan untuk membangun infrastruktur omnichannel, sistem online yang terintegrasi sempurna dengan situs web, social channle, dan alat lain seperti aplikasi dan toko fisik.

Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna memilih opsi yang mereka sukai untuk berinteraksi dengan Anda, namun selalu diperlukan untuk mempertahankan kendali atas berbagai proses dan mengarahkan traffic  ke arah yang telah ditentukan.

Struktur Omnichannel memungkinkan Anda memanfaatkan sepenuhnya semua saluran komunikasi online , meningkatkan layanan yang tersedia bagi pengguna dan pelanggan. Dalam konteks ini, situs web tetap menjadi lingkungan referensi virtual, setelah itu dimungkinkan untuk menggunakan media sosial untuk komunikasi dan bantuan online, atau aplikasi untuk loyalitas pelanggan dan peningkatan konversi.

Kebutuhan Personalisasi Digital

Berkat teknologi baru dimungkinkan untuk menawarkan solusi yang disesuaikan kepada pelanggan, memberikan setiap pengguna serangkaian proposal yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya, konten ad hoc untuk setiap kelompok target pengguna, kampanye iklan individual yang cocok untuk segmen pelanggan potensial tertentu, atau pengalaman digital yang dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan.

Untuk mendapatkan personalisasi tingkat tinggi diperlukan investasi pada big data online dan inovasi teknologi , mulai dari analisis data digital hingga memperoleh actionable insight untuk digunakan melalui chatbot, sistem kecerdasan buatan, dan platform online yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan. jenis interaksi.

Tren digital ini semakin lazim dalam pemasaran online, jadi penting untuk menginvestasikan sumber daya dan waktu di bidang ini.

Peran Brand Dalam Marketing di Era Modern

Dengan meningkatnya kebutuhan online, pengguna sekarang terbiasa menggunakan web untuk setiap kebutuhan, dengan perhatian yang jauh lebih sedikit daripada sebelumnya berkat kesadaran yang lebih besar dalam penggunaan internet. Pada saat yang sama, persaingan yang meningkat membutuhkan pekerjaan penting pada brand reputation, memberikan perhatian penuh pada promosi merek.

Secara khusus, sangat penting untuk mengomunikasikan nilai-nilai brand dengan benar, memposisikan diri pada isu-isu tertentu yang menjadi kepentingan sosial seperti kesetaraan gender, perjuangan melawan rasisme, dan pertempuran demi legalitas.

Pada saat yang sama, penting untuk berkomitmen pada kelestarian lingkungan , mengadopsi solusi efektif untuk mengurangi jejak karbon dan memberi tahu pengguna secara memadai tentang pendekatan ramah lingkungan yang diikuti oleh perusahaan Anda.

Mengutamakan Pemasaran Mobile

Di antara tren digital marketing yang utama adalah mobile-first , atau peran sentral yang diperoleh oleh teknologi seluler dibandingkan dengan teknologi desktop.

Saat ini, orang semakin banyak menggunakan smartphone untuk menjelajahi internet , mendapatkan informasi, melakukan pembelian, dan berinteraksi secara online, oleh karena itu penting untuk dapat meraih tren ini dengan menghadirkan digital marketing ke dunia seluler.

Amunisi yang paling penting yaitu penggunaan aplikasi yang efisien untuk perangkat seluler, aplikasi yang memungkinkan untuk menciptakan hubungan eksklusif dan prioritas dengan pengguna, menawarkan kepada mereka pengalaman customer yang dipersonalisasi dan dioptimalkan berdasarkan setiap kebutuhan.

Berinteraksi melalui aplikasi memungkinkan Anda untuk melewati channel lain yang terbuka untuk persaingan, seperti Google dan media sosial, untuk membangun loyalitas pelanggan guna meningkatkan profitabilitas mereka dalam jangka panjang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak