alexametrics

Perekonomian Nasional Pasca Covid-19 Melemah, Simak 5 Strategi Pemulihannya

Steven Jaya
Perekonomian Nasional Pasca Covid-19 Melemah, Simak 5 Strategi Pemulihannya
Ilustrasi ekonomi menurun (Gerd Altmann/Pixabay)

Tidak dapat dipungkiri lagi jika perekonomian di Indonesia layaknya dimakan oleh rayap terhadap pandemi Covid-19 ini. Seluruh sektor perekonomian seakan-akan lumpuh karena banyaknya aktivitas yang tertunda.

Sejak awal masuknya virus ini pada bulan Maret 2020 lalu, diyakini jika telah membuat laju pertumbuhan ekonomi melambat bahkan di beberapa negara mengalami defisit atau minus. Apabila kasus ini tidak ditangani secara serius, maka dampak pandemi Covid-19 akan memperlebar permasalahan dan krisis yang terjadi tidak hanya dari sektor ekonomi, tetapi juga krisis keamanan, sosial, hingga politik.

Adanya kondisi seperti itu membuat pemerintah ke-triggered dan menjalankan sebuah kebijakan yang disebut adaptasi baru (new normal). Akan tetapi, pemerintah perlu mempertimbangkan antara upaya penanganan penyebaran virus corona dengan upaya memulihkan perekonomian nasional.

Oleh sebab itu, pemerintah harus mampu mencari strategi guna menstabilkan kembali perekonomian dalam kondisi pandemi Covid-19, dengan melibatkan semua pihak baik, sektor pemerintah (publik) maupun swasta (privat).

Saat ini kabar baik sedang berpihak kepada kita semua, karena perlahan kita memasuki babak baru, yaitu herd immunity. Dengan demikian, upaya yang seharusnya dilakukan pemerintah adalah memulihkan perekonomian nasional dengan beberapa strategi.

1. Pembekalan UMKM

Salah satu kebijakan yang diberikan pemerintah yang saat ini sedang digencarkan adalah UMKM. Pemerintah sedang memberikan perhatian utamanya terhadap bidang ini karena dianggap dapat memulihkan perekonomian baik rakyat maupun negara secara perlahan.

2. Pelatihan dan Bantuan Finansial

Dampak yang diberikan pandemi ini adalah dipangkasnya beberapa karyawan atau yang biasa kita sebut dengan PHK. Perusahaan banyak melakukan kebijakan ini guna mengurangi pengeluarannya. Dengan demikian, pemerintah bersikap tegas dalam menangani hal ini dengan memberikan pembinaan kepada para korban PHK melalui kartu prakerja.

Akan tetapi, pemberian bantuan ini dinilai tidak efektif karena sudah menggunakan anggaran hampir dua puluh triliun rupiah dan tidak terlalu memengaruhi para korban untuk bersikap secara baik dalam menggunakannya.

Oleh sebab itu, pemerintah juga memberikan pelatihan yang sesuai dengan keubutuhan atau bersifat on-demand. Adanya program konsultasi dan mentoring bagi pelaku UMKM dapat memaksimalkan kebijakan ini.

Kebijakan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh Indonesia dan meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia di tingkat internasional.

3. Bekerja Sama dengan Sektor Swasta

Saat ini pemerintah perlu berkoordinasi dengan sektor swasta karena dinilai jika sinkronisasi yang dilakukan dapat memulihkan perekonomian nasional Indonesia yang saat ini sedang terpuruk. Pemerintah dan Swasta dapat saling bahu-membahu dalam mempertahankan stabilitas ekonomi yang perlahan mulai bangkit dari keterpurukan.

4. Investasi Jangka Panjang

Pemerintah perlu mengambil langkah strategis dalam investasi publik jangka panjang. Kondisi ini diharapkan mengubah proses struktural dalam perekonomian ke arah yang lebih baik. 

5. Pemulihan Sektor Pariwisata 

Sektor swasta menjadi dinding besar dalam pertahanan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Pemulihan yang dilakukan dapat secara bertahap secara keseluruhan berdasarkan analisis big data dan dengan memfokuskan pada wisatawan nusantara.

Akibat mandeknya kegiatan ini juga pemerintah perlu melakukan sebuah adaptasi di destinasi wisata terhadap kondisi pandemi Covid-19. Pemulihan yang dilakukan juga diharuskan untuk berkolaborasi dengan pihak pemerintah daerah, pusat, dan pihak yang terkait karena hal ini dapat lebih mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Strategi yang diberikan merupakan sebuah langkah kita dalam menghadapi dan menyelesaikan pandemi yang saat ini menimpa bangsa Indonesia. Kita perlu melakukan tindakan-tindakan ini karena kita harus terus bersaing dengan bangsa lainnya dan memanfaatkan setiap langkah kecil yang saat ini kita miliki.

Sebagai warga negara, pastinya kita menginginkan sebuah kemajuan dalam segala bidang, terutama sektor perekonomian karena ini yang menjadi pilar dasar negara ini dapat bertahan dari pandemi saat ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak