alexametrics

Study With Me: Tren Belajar yang Diikuti Idol K-Pop

nadya uli
Study With Me: Tren Belajar yang Diikuti Idol K-Pop
B.I eks iKON [Allkpop]

Pandemi COVID-19 turut mengubah gaya belajar formal para pelajar. Pasalnya, pemerintah masih belum mengizinkan sekolah untuk dibuka seperti biasa. Hal ini membuat sistem pembelajaran lebih banyak didominasi secara daring atau online. Siswa menghabiskan waktu belajar sendirian di rumah masing-masing. Salah satu trend belajar baru yang marak adalah “Study With Me”. 

Tren yang berasal dari Korea Selatan ini biasa disebut gongbang, yang merupakan kombinasi dua kata yakni: gongbu yang berarti "belajar" dan bangsong yang merujuk pada "live broadcast"(Delgado, 2021). Meskipun hanya menampilkan video orang-orang yang sedang belajar, tetapi “Study With Me” mampu menarik minat banyak orang untuk menonton. 

Dalam penelitian berjudul “Personalizing Ambience and Ilussionary Presence ; How People Use ‘Study With Me’ Videos to Create Effective Studying Environments” yang dilakukan oleh mahasiswa KAIST, ada beberapa alasan mengapa orang-orang menonton video “Study With Me”.

Alasan tersebut di antaranya merasa termotivasi saat melihat kreator yang sedang belajar, merasakan belajar bersama, menciptakan suasana belajar yang nyaman, dan membantu mengurangi distraksi handphone (Lee, Chung, Song, Chang, & Kim, 2021).

Daya Tarik Konten “Study With Me“

Ada banyak hal yang membedakan konten “Study With Me“ para kreator satu dengan yang lainnya. Secara umum, ada video-video direkam secara offline ataupun mereka melakukan live-broadcast secara langsung.

Dalam konten tersebut, biasanya mereka turut menyertakan playlist belajar di description box, terutama lagu-lagu lofi, classic, atau pun soundtrack film tertentu. Ada juga yang menggunakan background noise sehingga penonton bisa mendengarkan suara-suara yang terdengar saat kreator sedang belajar, seperti suara ketikan keyboard atau suara lembaran buku yang dibuka. 

Selain itu, tampilan meja belajar yang estetik, catatan yang rapi, aplikasi produktifitas, peralatan belajar, atau digunakan juga turut mengundang penonton untuk menikmati video-video “Study With Me”. Hal-hal tersebut membuat ilusi bahwa belajar menjadi lebih menyenangkan. 

Idol Korea Melakukan “Study With Me” 

Tidak hanya jago menari dan menyanyi, kedua idol K-Pop ini menunjukkan sisi lain mereka dengan melakukan “Study With Me” di kanal YouTube masing-masing. 

1.   B.I

Solois sekaligus pemilik 131 Label Official ini juga menghadirkan konten yang berbeda dari channel idol K-Pop biasanya. Kim Hanbin atau B.I melakukan “Study With Me” sekitar satu jam di channel resmi label musiknya. Dalam konten tersebut, Hanbin mempelajari dua topik yakni Sejarah Korea dan Puisi.  

2. Jiheon – Fromis 

Anggota grup termuda Fromis juga turut melakukan “Study With Me”. Jiheon memang terkenal sebagai anak yang rajin dan menyukai belajar. Ia pernah terlihat mengerjakan matematika di ruang tunggu sebelum perform.

Lewat Honey- Log, Jiheon bahkan betah belajar selama lima jam penuh. Pemilik eye-smile ini juga mengungkap bahwa sebenarnya ia melakukannya dalam dua belas jam penuh.  

Tertarik untuk belajar bersama mereka? 

Daftar Pustaka

Delgado, P. (2021, Maret 22). observatory.tec.mx. Retrieved September 30, 2021, from observatory.tec.mx: https://observatory.tec.mx/edu-news/gongbang-study-with-me

Lee, Y., Chung, J. J., Song, J. Y., Chang, M., & Kim, J. (2021). Personalizing Ambience and Ilussionary Presence ; How People Use ‘Study With Me’ Videos to Create Effective Studying Environments. ICM, 1-13.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak