facebook

Aman Buat Pemula, Begini Serunya Rafting di Sungai Elo

liburanjogja
Aman Buat Pemula, Begini Serunya Rafting di Sungai Elo
Ilustrasi arung jeram. [Shutterstock]

Selain Candi Borobudur yang memang sudah terkenal secara internasional, Kabupaten Magelang memiliki banyak wisata alam. Salah satu yang cukup populer adalah arung jeram di Sungai Elo.

Selain penuh tantangan, pemandangan di sekitar track rafting Sungai Elo cukup menarik. Merasakan serunya terhempas ombak saat rafting, ditemani pemandu yang profesional dalam Paket Rafting di Sungai Elo bisa menjadi pilihan menarik memacu adrenalin Anda.

Sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang, sekitar 45 menit dari kota Yogyakarta. Hulu air Sungai Elo berasal dari Gunung Merbabu.

Dengan jarak pengarungan sekitar 12 kilometer, rafting di Sungai Elo memiliki tingkat kesulitan yang cukup rendah (tingkat II-III), yang cocok dan aman untuk pemula. Dengan tingkat kesulitan yang cukup rendah ini, rafting di Sungai Elo sangat cocok untuk jadi pilihan kegiatan seru bersama teman-teman, bahkan untuk liburan kantor dan acara rekreasi keluarga.

Selain diving dan snorkeling, rafting merupakan salah satu olahraga air yang cukup diminati banyak orang. Rafting di Sungai Elo cukup ideal untuk pemula, yang bahkan tidak bisa berenang.

Arus Sungai Elo tidak deras dan tidak membahayakan, bahkan untuk orang awam.

Pilihan rafting atau arung jeram di Kabupaten Magelang sebenarnya tidak hanya di Sungai Elo saja. Ada juga arung jeram di Sungai Progo Atas, yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dan panjang track yang lebih panjang.

Paket rafting di Sungai Elo umumnya dibanderol mulai Rp 750 ribu, sedangkan di Progo Atas mulai dari Rp 1,2 juta. Harga tersebut adalah harga per perahu dan sudah termasuk fasilitas sewa peralatan arung jeram dan pemandu sungai, transport menuju start point, asuransi, penggunaan fasilitas base camp, termasuk kamar mandi dan kolam renang, sertifikat arung jeram dan satu kali makan.

Harga tersebut belum termasuk paket foto dan dokumentasi arung jeram dengan biaya tambahan. Adapun 1 perahu rafting bisa diisi maksimal 6 orang. 

Semua barang bawaan, terutama yang elektronik, seperti kamera (kecuali kamera tahan air), ponsel dan barang-barang lainnya, harus disimpan. Jangan khawatir, Anda bisa tetap mengabadikan arung jeram, operator dipercayakan untuk mendokumentasikan rafting Anda.

3 Alasan untuk mencoba arung jeram di sungai Elo:

1. Wisata Air yang Seru dan Memacu Adrenalin
Arung jeram yang memakan waktu hingga 3 jam ini akan membuat Anda merasakan serunya sensasi terhempas ombak di dalam perahu karet, ditemani oleh pemandu-pemandu arung jeram yang profesional tentunya.

2. Relatif Aman untuk Pemula
Dengan karakter aliran sungai dan banjir relatif stabil dan aman (bahkan di musih hujan), dan ditemani oleh pemandu arung jeram yg profesional, membuat rafting di Sungai Elo  bisa dianggap cukup aman.

3. Tidak harus memiliki kemampuan khusus rafting
Untuk menikmati rafting di Sungai Elo ini tidak perlu memiliki keahlian khusus. Asal mengambil paket rafting di operator rafting yang profesional, berbagai peralatan keselamatan untuk arung jeram sebagai pelampung dan helm akan diberikan bersama dengan paket ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak