facebook

Cari Tempat Liburan Murah di Jogja. Ke Mana Aja?

liburanjogja
Cari Tempat Liburan Murah di Jogja. Ke Mana Aja?
Taman Sari Yogyakarta. (Suara/Arendya)

Tenang saja, ada banyak destinasi liburan murah meriah di Jogja buat kamu yang bujetnya terbatas. Nggak cuma ramah kantong, tempat-tempat wisata berikut juga punya suasana yang asik. Dijamin, agenda liburan di Jogja yang udah kamu rencanain pasti seru tapi tetap hemat.

1. Taman Sari

Taman Sari, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Shutterstock)
Taman Sari, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Shutterstock)

Kawasan Jogja kota menawarkan banyak pilihan objek wisata murah yang nggak murahan. Salah satu yang terkenal adalah Taman Sari. Dengan biaya masuk hanya Rp5.000 per orang, kamu sudah bisa menjelajah dan menikmati indahnya arsitektur Kesultanan Yogyakarta di bangunan ini.

Bagi yang belum tahu, Taman Sari dulunya merupakan kompleks taman milik Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain umbul (kolam pemandian putri raja), di area seluas 10 hektare ini juga terdapat masjid bawah tanah, jembatan, serta taman bunga warna-warni yang super cantik.

Karena arsitekturnya yang unik, Taman Sari sering dijadikan lokasi foto pre-wedding, lho. Gimana, kamu tertarik juga? Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen kunjunganmu di sini, ya.

2. Candi Ijo

Kira-kira 18 km arah timur Jogja terdapat sebuah candi Hindu yang wajib banget dikunjungi saat liburan di kota ini. Ya, Candi Ijo namanya. Meski nggak sepopuler Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, candi yang dibangun sekitar abad ke-10 ini punya pemandangan yang nggak kalah menakjubkan, lho.

Konon, Candi Ijo adalah salah satu lokasi terbaik di Jogja untuk melihat sunset dan sunrise. Pantas saja, sebab candi ini berdiri di atas bukit dengan ketinggian mencapai 395 mdpl. Kebayang, kan, secantik apa pemandangannya?

Harga tiket masuk ke tempat liburan murah di Jogja ini cuma Rp5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp10.000 untuk turis asing. Lokasinya sendiri berada di Desa Sambirejo, Sleman, atau sekitar 4 km dari Candi Ratu Boko.

3. Bukit Bintang 

Bukit Bintang Jogja (Instagram/guston.wst)
Bukit Bintang Jogja (Instagram/guston.wst)

Penasaran gimana cantiknya Jogja kalau dilihat dari ketinggian? Datang aja ke Bukit Bintang di Pathuk, Gunungkidul. Kamu bisa menghabiskan malam dengan duduk di warung-warung tepi bukit sambil menikmati lampu kota Jogja dari kejauhan yang gemerlap bak bintang di langit.

Selain cantik, liburan di tempat ini juga murah banget, lho. Kamu cuma perlu merogoh kocek untuk membayar parkir kendaraan dan menikmati makanan di warung. Jangan lupa coba jagung bakarnya, ya! Bukit Bintang dengan suasana yang sangat romantis ini akan lebih syahdu kalau dikunjungi bersama yang tersayang.

4. Hutan Pinus di Kawasan Imogiri

Hutan Pinus Imogiri. (Suara.com/Vania)
Hutan Pinus Imogiri. (Suara.com/Vania)

Kawasan Hutan Pinus di Imogiri adalah salah satu obyek wisata baru di Jogja yang berhasil menarik minta banyak wisatawan.

Anda akan menyukai suasana fotografi yang indah sambil menikmati udara segar dari tempat-tempat ini. Kawasan hutan pinus di Imogiri juga sangat cocok untuk kelompok outing / gathering target banyak tempat untuk foto.

Harga tiket masuknya? Hanya Rp.3.000 saja.

5. Tebing Breksi

Tebing Breksi. (Instagram/@aryajakasatria)
Tebing Breksi. (Instagram/@aryajakasatria)

Tebing Breksi adalah salah satu atraksi baru Yogyakarta yang berhasil menarik perhatian banyak wisatawan, lokal dan asing.

Mengunjungi tempat-tempat wisata murah meriah di atas dijamin nggak akan bikin kantong bolong.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak