facebook

Benarkah Apartemen Masih Menjadi Pilihan Mahasiswa UI?

CAMILA CHAIRUNNISA
Benarkah Apartemen Masih Menjadi Pilihan Mahasiswa UI?
Ilustrasi Apartemen

Pada tahun 2019 ini, pertumbuhan apartemen di sekitar kampus Universitas Indonesia Depok semakin menjamur dengan adanya pembangunan yang terlihat di sekitar jalan Margonda, Depok. Mahasiswa UI mengaku bahwa apartemen tetap menjadi pilihannya karena kelebihan fasilitasnya dan akses yang mudah menjangkau kampus.

Apartement di sekitar kampus UI Depok semakin menjamur terlebih saat munculnya beberapa gedung apartemen baru yang ada di Margonda, seperti gedung baru Taman Melati 2,  Evenciio Apartement dan Mazhoji apartemen yang semakin menambah deretan apartemen di sekitar kampus UI Depok.

Selain apartement di kampus UI Depok ada juga kost-kostan yang banyak menjadi tempat tinggal sementara mahasiswa UI, indekos tersebut banyak terdapat di daerah Kukusan, Beji, Depok. Indekos tersebut juga menjamur di sekitaran pintu keluar UI arah Kukusan dengan harga yang berkisar sekitar 1 sampai 2 juta perbulan di sisi lain harga sewa apartemen berkisar 2-3 juta per bulan untuk biaya sewanya.

Lantas mengapa apartemen masih menjadi pilihan? Menurut mahasiswa, apartemen memiliki fasilitas yang tidak dimiliki oleh indekos seperti kolam renang, lift, ATM, dan yang paling penting menurutnya ialah privacy yang tidak terganggu, ini bisa menjadi nilai lebih apartemen.

“Apartemen tuh lengkap dengan fasilitasnya, seperti kolam renang, lift, ATM semua ada kalo di apartemen , walaupun agak mahal tapi privacy kita terjamin, gak seperti di kos-kosan” Ujar Nadhira salah satu Mahasiswa UI penyewa apartemen Taman Melati Residence.

Mahasiswa lain mengatakan apartemen menjadi gengsi tersendiri di kalangan mahasiswa lain saat ini, “ Banyak sih kelebihan apartemen dibandingkan kosan, gengsi juga sih kalo harus nge-kos, jadi lebih milih apartemen,” ujar salah satu mahasiswa UI yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut.

Beberapa apartemen juga sangat dekat dengan kampus UI Depok, seperti Taman Melati Residence dan Margonda Residence yang hanya berjarak 100 meter dari Stasiun UI menjadi pilihan apartemen mahasiswa UI. Dengan Akses yang dekat dengan kampus juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi apartemen di sekitaran Margonda, Depok yang menargetkan mahasiswa sebagai penghuninya.

Oleh : Camila Chairunnisa, Mahasiswi Pendidikan Vokasi jurusan Hubungan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak