alexametrics

Makanan Khas Indonesia, Rendang yang Mendunia

Tri Apriyani
Makanan Khas Indonesia, Rendang yang Mendunia
Rendang (Shutterstock)

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam kebudayaan yang tersebar luas dari sabang sampai merauke. Indonesia tak hanya dikenal dengan kebudayaannya saja, melainkan juga terkenal dari berbagai jenis makanan tradisional yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia.

Di setiap daerah, hidangan makanan yang ada memiliki rasa dan aroma yang khas tersendiri. Salah satunya makanan tradisional bernama rendang dari Sumatra Barat..

Rendang merupakan masakan yang terbuat dari olahan daging, dimasak dengan bumbu rempah yang berasal dari Minangkabau. Rendang menggunakan bumbu-bumbu alami karena dapat bersifat sebagai antiseptik dan dapat membunuh bakteri patogen sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami

Tidak heran jika rendang dapat bertahan satu minggu hingga empat minggu. Karena mengandung banyak sekali jenis bumbu rempah, rendang menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang unik dan digemari banyak orang.

Terdapat dua macam jenis rendang yang dikenal secara umum, yaitu sebagai berikut:

1. Rendang Kering

Rendang kering adalah rendang sejati dalam tradisi memasak minang. Rendang ini dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga santan mengering dan bumbu teresap dengan sempurna. Biasanya rendang kering disajikan untuk acara istimewa, seperti upacara adat, kenduri, atau menyambut tamu kehormatan.

Rendang kering berwarna lebih cokelat kehitaman. Jika dimasak dengan tepat, rendang kering dapat bertahan disimpan dalam suhu ruangan selama tiga sampai empat minggu, dan jika disimpan di kulkas dapat bertahan sekitar sebulan.

2. Rendang Basah atau Kalio

Rendang basah atau lebih dikenal dengan sebutan kalio, adalah rendang yang dimasak hanya dengan waktu yang lebih singkat. Santan dibiarkan belum begitu mengering dengan sempurna, agar sedikit memiliki kuah bumbu.

Rendang basah memiliki warna cokelat terang keemasan dan lebih pucat. Jika disimpan dalam suhu ruangan hanya dapat bertahan dalam waktu kurang dari satu minggu.

Rendang merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Keberadaan makanan rendang telah menjadi icon bagi masyarakat Padang. Biasanya rendang dijadikan sebagai hidangan utama untuk makanan.

Tak hanya di Indonesia, sekarang rendang sudah terkenal di mancanegara, banyak yang menyukai rendang karena memiliki daya tarik tersendiri, seperti cita rasa yang kaya, cara pengolahannya yang unik, serta penampilannya yang menggoda.

Rendang juga dapat ditemukan di berbagai negara-negara Asia tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Thailand.

Pada tahun 2011 silam, rendang terpilih menjadi makanan terlezat di dunia yang menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International. Dan pada tanggal 12 Juli tahun 2017, CNN kembali merilis 50 makanan terlezat di dunia, dan rendang masih bertahan di posisi pertama untuk makanan terlezat di dunia.

Data ini didapatkan dari 35.000 voting di media sosial Facebook yang dilakukan oleh CNN, dan hasilnya rendang kembali menduduki posisi pertama. Tahun 2018 lalu, rendang secara resmi ditetapkan sebagai slah satu dari lima kuliner nasional Indonesia.

Pengirim: Azahra Hana Julianti / Mahasiswi Universitas Indonesia
E-mail: azahra.hana@ui.ac.id

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak