alexametrics

Lima Gitaris Tanah Air yang Mendunia

Tri Apriyani
Lima Gitaris Tanah Air yang Mendunia
Jopie Item (Instagram/bangkit_jp)

Indonesia merupakan salah satu negara yang melahirkan seorang musisi yang luar biasa.

Suara.com - Di zaman sekarang ini siapa yang tidak membutuhkan musik? Hampir semua manusia membutuhkan musik karena musik merupakan suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia sebab musik dapat menjadikan kita merasa senang, gembira dan nyaman.

Musik adalah serangkaian nada-nada dan suara yang biasa digunakan untuk mengekspresikan emosi manusia yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan suara. Pengelompokan musik disebut genre.

Musik mempunyai instrumen untuk mengimplementasikan suasana sesuai dengan genrenya  layaknya rock dengan aliran gitar dan drum yang cepat untuk membangkitkan semangat, blues dengan aliran gitar yang pelan untuk menciptakan suasana tenang. 

Indonesia merupakan salah satu  negara yang melahirkan seorang musisi yang luar biasa. Di antaranya seorang musisi gitar yang memiliki skill yang diakui banyak orang.  Siapa saja diantaranya ? Berikut deretan gitaris Indonesia yang  skill-nya tak diherankan orang lagi.

1. Ian Antono

Ian Antono. (Suara.com/Ismail)
Ian Antono. (Suara.com/Ismail)

Jusuf Antono Djojo atau biasa dipanggil Ian Antono adalah seorang gitaris sekaligus penulis lagu. Pria yang lahir di Malang pada tanggal 29 oktober 1950 ini merupakan seorang gitaris dari band God Bless.  Beliau  juga menggarap komposisi dan memasukkan beberapa permainan gitarnya untuk para artis. Diantaranya Nicky Astriya, Ikang Fawzi, Ebit G Ade dan lain lain.  Selain itu dia juga ahli dalam membuat lagu. Beberapa lagu yang super fenomenal yang dibuatnya yakni rumah kita, neraka jahanam dan panggung sandiwara dan masih banyak yang lainnya.

Pada awalnya, Ian Antono merupakan seorang drummer. Namun setelah mendengar musik-musik The Shadows ia mulai berminat menjadi seseorang gitaris. Ia pun akhirnya bergabung dengan band Abadi Soesman yang waktu itu namanya cukup diperhitungkan. Tahun 1970 ia hijrah ke Jakarta dan bergabung dengan band Bentoel yang menjadi pengiring bagi penyanyi Emilia Contesa dan Trio The King.

Akhirnya tahun 1974 ia resmi menjadi gitaris God Bless dan merilis album-album seperti Huma Di atas Bukit (1975), Cermin (1980), Semut Hitam (1989). Nama Ian Antono mulai menarik perhatian karena pada saat itu atmosfer musik rock di Indonesia belum ada yang memulai. God Bless lah yang kali pertama memelopori. Secara otomatis Ian juga menjadi gitaris pertama yang berkibar di jalur rock Indonesia.

2. Jopie Item

Jopie Item (Instagram/bangkit_jp)
Jopie Item (Instagram/bangkit_jp)

Jopie Reinhard Item atau kerap dipanggi Jopie Item lahir pada 20 Juni 1950. Pria kelahiran Manada ini merupakan gitaris dari band Abu abu. Jopie item merupakan gitaris yang sangat berbakat. Ketika usianya menginjak 14 tahun, Jodi sudah menjadi pengiring Titiek Puspa dan Mus Mualim dan juga menjadi pelengkap group musik yang terkenal saat ini seperti Eka Sapta, Buana Suara,  Baby Face dan Fabulous. Meski kemudian lebih dikenal sebagai gitaris Jazz, Jopie iten ahli dalam membawakan musik aliran apapun.

Komentar