facebook

5 Tempat yang Cocok untuk Kamu Jadikan Destinasi Wisata

ami hamzah
5 Tempat yang Cocok untuk Kamu Jadikan Destinasi Wisata
Sunset di Tanjjung Gelam, Karimunjawa [Suara.com/Adam Iyasa].

Banyak orang mulai jenuh karena terlalu lama di rumah. Sejak pandemi Covid-19, semua orang diwajibkan isolasi mandiri dan melakukan semua kegiatan di rumah. 

Mungkin kamu juga sudah kangen jalan-jalan keliling komplek atau bahkan travelling keliling Indonesia. Ada beberapa destinasi wisata yang sudah buka setelah memasuki era new normal. Namun untuk kamu yang ingin berwisata tetap patuhi protokol kesehatan yang ada, ya!

Nah bagi kamu yang kangen berwisata, berikut rekomendasi tempat yang cocok kamu jadikan destinasi wisata:

  1. Pulau Karimunawa
Beningnya perairan Karimunjawa setelah menyeberang lebih dari dua jam dengan kapal feri [Suara.com/Adam Iyasa].
Karimunjawa [Suara.com/Adam Iyasa].

Pulau Karimunjawa terletak di ujung utara pulau Jawa dan masih satu kabupaten dengan Jepara. Untuk ke Karimunjawa, kamu bisa berangkat dari Semarang atau Jepara, lalu menuju pelabuhan pantai Kartini.

Perjalanan dari Jepara kurang lebih memakan waktu  3-4 jam. Sesampainya di pulau Karimunjawa, kamu di sana bisa snorkling, menyusuri hutan mangrove, berenang bersama kawanan hiu yang ada di penangkaran dan berwisata kuliner. 

  1. Yogyakarta
Tugu Pal Putih atau Tugu Yogyakarta - (SUARA/Eleonora PEW)
Tugu Pal Putih atau Tugu Yogyakarta - (SUARA/Eleonora PEW)

Siapa sih yang tidak mengenal Jogja. Jogja mempunyai banyak sekali destinasi wisata dan wisata kuliner. Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal adalah Malioboro dan Tugu. Di Malioboro juga kamu bisa mencari kuliner khas Jogja seperti gudeg, bakpia pathuk, kopi joss, dan kuliner lainnya.

Selain itu kamu juga bisa mampir ke Bukit Bintang di Gunungkidul. Kamu bisa mengunjungi Bukit Bintang di malam hari atau berangkat sejak sore untuk dapat menikmati pemandangan dari atas kota.

Di Jogja juga terdapat banyak sekali candi-candi seperti candi Ratu Boko, candi Prambanan, candi Borobudur, dan masih banyak candi lainnya.

  1. Semarang
Lawang Sewu. (Instagram/@pesonaid_travel)
Lawang Sewu. (Instagram/@pesonaid_travel)

Kalo pergi ke Semarang jangan lupa mampir ke tempat bersejarahnya yaitu Lawang Sewu. Di sana kamu akan menemukan bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Bangunan ini Dinamakan Lawang Sewu, karena di sana terdapat seribu pintu.

Selain itu, di Semarang juga memiliki destinasi wisata bernama Kota Lama. Di kawasan Kota Lama kamu akan menemukan bangunan-bangunan tua dan unik. Bangunan di Kota Lama memiliki konsep arsitektur eropa kuno yang merupakan peninggalan dari jaman kolonialisme dulu.

  1. Wonosobo
gambar dari superadventure.co.id
Sumber: superadventure.co.id

Bagi kamu yang suka akan sejuknya pegunungan, Wonosobo adalah tempat yang cocok untuk kamu kunjungi. Kalo kamu berkunjung ke sini wajib hukumnya mengunjungi Bukit Sikunir. Di Bukit Sikunir ini paling cocok untuk melihat matahari terbit atau sunrise.

Dinamakan Bukit Sikunir karena mengambil dari kata kunir yang merupakan tanaman rempah berwarna kuning. Warna kuning menunjukan pantulan sinar matahari ketika pagi atau sunrise di bukit Sikunir ini.

Untuk wisata kulinernya, kamu juga bisa mencicipi mencicipi mie ongklok khas Wonosobo.

  1. Solo

Solo merupakan sebuah kota yang terkenal akan sejarah dan budayanya, sama halnya seperti Jogja. Di Solo banyak sekali peninggalan bersejarah yang terkenal dan wajib di kunjungi seperti istana Mangkunegara. Istana ini juga sering didatangi para wisatawan. 

Beberapa tempat lain yang bisa Anda kunjungi diantaranya Ndalem Ageng, Keputren atau Balewarni, Pendopo Ageng, dan Pracomoyoso.

Wisata alam di Solo sendiri ada air terjun Grojogan Sewu. Di sana Anda akan disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang menyegarkan. Dikelilingi oleh tebing yang hijau, tempat ini sangat cocok Anda kunjungi untuk menenangkan kejenuhan Anda.

Itulah rekomendasi tempat untuk berlibur. Manakah yang akan menjadi destinasi wisatamu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak