facebook

5 Bahasa Cinta dalam Mengungkapkan Perasaan, Kamu yang Mana?

Ratna Wati
5 Bahasa Cinta dalam Mengungkapkan Perasaan, Kamu yang Mana?
Ilustrasi Pasangan (Pixabay/StockSnap)

Kalimat seperti “Kamu hari ini cantik banget”  atau "Aku kangen kamu, aku sayang kamu" sering terdengar di tengah obrolan antara sepasang kekasih. Mungkin bagi sebagian orang kata-kata itu terlihat biasa atau justru hanya gombalan belaka. Namun menurut Gary Chapman dalam bukunya The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate, kata-kata seperti itu adalah cara seseorang mengekspresikan perasaan cinta dengan kata-kata.

Selain kata-kata, perasaan cinta juga dapat diungkapkan dengan bahasa cinta lainnya. Setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda dan hal ini perlu diketahui agar kamu dapat lebih mengerti bahasa cinta pasanganmu.

Berikut adalah 5 bahasa cinta menurut Gary Chapman:

1. Word of affirmation atau kata cinta

Seseorang yang bahasa cintanya word of affirmation akan lebih suka memuji pasangannya seperti “Aku cinta kamu. Aku sayang kamu. Kamu cantik. Kamu ganteng”. Bagi mereka ucapan seperti itu bukan hanya sekedar kata-kata, tapi lebih dari itu. Melalui kata-kata, seseorang dengan bahasa cinta kata cinta ini dapat mengekspresikan seluruh perasaanya.

Jadi semisal pasanganmu sering mengucapkan kata-kata seperti di atas, itu pertanda bahwa pasanganmu memiliki bahasa cinta word of affirmation. Lalu untuk membuat pasanganmu bahagia, kamu dapat membalasnya dengan kata-kata memuji, sering mengucapkan “i love you", atau menulis surat yang isinya menceritakan betapa kamu sangat mencintai pasanganmu dan betapa pedulinya kamu. Percaya deh, pasanganmu akan sangat bahagia dan membuatnya semakin cinta sama kamu.

Untuk menjaga hubungan agar tetap awet, hindari kalimat yang mungkin bisa menyakiti hatinya, dengarkan apa yang ia katakan, ucapkan terima kasih ketika dia sedang memuji kamu.

2. Quality time atau waktu berkualitas

Tipe bahasa cinta yang kedua adalah quality time. Seseorang dengan bahasa cinta quality time lebih mementingkan waktu bersama dibanding dengan kata-kata manis. Jika kamu seorang yang bahasa cintanya quality time, kamu akan senang jika menghabiskan waktu bersama dengan pasanganmu. Karena dengan kebersamaan itulah kamu dapat mengekspresikan seluruh perasaan kepada pasangan.

Apa sih yang harus dilakukan jika bahasa cinta pasanganmu quality time? Tenang, ada banyak yang bisa kita lakukan seperti minum kopi bersama setiap pagi, makan malam bersama pasangan, dan pergi liburan bersama. Ketika sedang quality time, hindari bermain hp atau hal lain yang dapat mengacaukan quality time bersama pasangan.

3. Receiving gift atau menerima hadiah

Siapa sih yang nggak suka dikasih hadiah? Terlebih lagi jika bahasa cinta kamu receiving gift. Coba diinget-inget lagi, sebahagia apa kamu ketika diberi hadiah. Apakah bahagianya ketika dikasih hadiah saja atau setelah dikasih hadiah tetap merasa bahagia?

Jika kamu adalah orang yang akan selalu senang menerima hadiah, bisa jadi kamu memiliki bahasa cinta menerima hadiah. Hal yang bisa kamu lakukan supaya pasanganmu tambah cinta adalah dengan mulai sering memberi hadiah dan kejutan.

Kalau kamu sudah bisa menebak bahasa cinta pasanganmu adalah receiving gift jangan sekali-kali melupakan hari pentingnya seperti hari ulang tahunnya atau hari jadimu dengan pasanganmu. Karena pada momen itu, pasanganmu akan mengharapkan hadiah darimu.

4. Physical touch atau sentuhan fisik

Untuk bahasa cinta yang keempat ini akan sulit dilakukan bagi kamu yang memiliki hubungan jarak jauh atau LDR  (long distance relationship). Hal ini dikarenakan, seseorang dengan bahasa cinta sentuhan fisik akan mengekspresikan perasaan cintanya melalui sentuhan.

Seseorang yang memiliki bahasa cinta physical touch tidak bisa secara langsung mengucapkan “i love you”, mengirimkan hadiah sebagai kejutan atau mengekspresikan cinta melalui kebersamaan. Bagi mereka berpegangan tangan, mengelus kepala, bersandar adalah cara dia mengungkapkan perasannya dan melakukan hal seperti itu lebih berarti dari pada apapun.

Jika kamu memiliki pasangan dengan bahasa cinta sentuhan fisik, kamu dapat memberikan sentuhan seperti memeluknya saat sedih, mengusap kepala, menggandeng tangannya saat jalan bersama. Selain itu, kamu juga perlu menghindari sentuhan fisik yang dapat menyakiti perasaan pasanganmu.

5. Acts of service atau melayani

Bahasa cinta yang terakhir menurut Gary Chapman adalah acts of service. Bahasa cinta melayani ini dapat diwujudkan seperti membuatkan bekal untuk pasangan, menemani pasangan ketika berpergian, atau membantu pasangan ketika kesulitan. 

Pada dasarnya semua orang memiliki kelima bahasa cinta tersebut, namun dalam bentuk mengekspresikan dan menerima cinta kita memiliki kecenderungan atau dominasi pada masing-masing bahasa cinta. Nah, setelah kalian baca bentuk-bentuk bahasa cinta kira-kira apa nih bahasa cintamu dan pasanganmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak