alexametrics

Alami Stres Selama #DiRumahAja? Coba Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Najlakhn
Alami Stres Selama #DiRumahAja? Coba Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya
Ilustrasi Stres. (Shutterstock & Freepik)

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk menjauh dari kehidupan sosial secara langsung, Namun, kita juga harus berusaha untuk menjaga kualitas kesehatan mental diri sendiri.

Suara.com - Stres yang terjadi selama di rumah saja khususnya untuk para mahasiswa seperti kecemasan akan baik atau buruknya nilai tugas, terbatasnya aktivitas untuk mencari inspirasi di luar rumah, kecemasan akan lulus tepat waktu, bahkan jenuh dengan keadaan yang parah menjadi faktor terganggunya kesehatan mental seseorang.

Merasa sedih, tertekan, khawatir, bingung, atau marah itu adalah hal normal saat kita berada dalam masa krisis pandemi. Namun, kita juga harus berusaha untuk menjaga kualitas kesehatan mental diri sendiri dengan menerapkan hal-hal berikut untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi:

1. Selalu ingat bahwa kecemasan merupakan hal yang wajar

Mengingat kondisi baru yang memang membuat takut beraktivitas, wajar saja jika kamu merasa cemas terhadap keselamatan diri sendiri dan oranglain.

Cemas melakukan aktivitas di luar rumah, cemas mengunjungi rumah sakit dan cemas bepergian itu hal yang wajar. Justru, itu adalah hal yang sudah seharusnya kamu rasakan.

Perasaan cemas tak hanya membantu menjaga diri sendiri, tapi juga orang lain. Dampak ini mencerminkan individu bisa ikut menjaga orang lain di sekitar kita dan anggota masyarakat lainnya asal kamu bisa mengkontrol diri terhadap kecemasanmu, ya!

2. Memanjakan diri dengan aktivitas yang menyenangkan

Dikutip dari laman Centers for Disease Control Prevention (CDC) Amerika Serikat, langkah terbaik untuk menjaga kesehatan jiwa adalah melakukan kegiatan yang membuat tubuh dan pikiran nyaman.

Dengan melakukan kegiatan yang dapat memanjakan diri seperti menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, merawat kebersihan tubuh, jiwa terasa lebih nyaman, dan kita semakin tenang untuk menghadapi kecemasan yang menghantui.

3. Bijak dalam menanggapi Informasi

Komentar