alexametrics

Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Rihahmaghfira
Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Ilustrasi tempat sampah (pexels)

Kesehatan dapat diciptakan salah satunya dengan cara menjaga diri serta lingkungan sekitar agar selalu bersih. Selain berdampak pada kesehatan diri, menjaga kebersihan juga memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri bagi pengguna sarana tersebut.

Menjaga kesehatan diri dan lingkungan cukup mudah dilakukan dengan disiplin dan konsisten agar kesehatan yang diharapkan dapat terwujud. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan. 

1. Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Biasanya masyarakat memulai aktivitas pertama setelah bangun tidur adalah dengan mandi. Ketika mandi, seseorang membasuh tubuh dengan air dan menggunakan sabun. Kemudian dibilas menggunakan air bersih. Dengan begitu, bakteri yang menempel pada tubuh dapat ikut terbawa pada air tadi dan terlepas dari tubuh. Selain itu, ketika mandi juga dilakukan penyikatan gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi serta mencuci rambut dengan sampo.

2. Mencuci Tangan Setelah Memegang Benda dan Sebelum Makan atau Minum

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Mengingat tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering digunakan. Baik untuk makan, minum, maupun memegang benda. Bakteri yang ada pada benda-benda tersebut mungkin menempel pada tangan. Untuk itu, penting untuk diingat setiap kali habis memegang benda untuk mencuci tangan dan sebelum makan atau minum juga mencuci tangan agar tidak ada bakteri yang menempel di tangan ikut masuk ke dalam tubuh.

3. Mencuci Pakaian Serta Seprai Dengan Teratur

Selain mandi, mencuci pakaian serta seprai juga harus dilakukan secara rutin dan teratur. Sebaiknya, baju yang sudah dipakai langsung dicuci agar kotoran yang menempel tidak menetap lama pada baju. Begitu juga dengan seprai, sebaiknya diganti kemudian dicuci setiap seminggu sekali.

4. Menggunting Kuku

Kuku merupakan bagian dari tangan dan jari yang mana sudah disebutkan sebelumnya sering digunakan untuk memegang benda. Adanya kuku yang panjang memungkinkan sebagai tempat berkumpulnya bakteri. Dengan menggunting kuku, bakteri yang menempel dapat ikut terbuang. Selain itu, jari-jari tangan juga terlihat lebih rapi jika kuku yang panjang digunting.

5. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Buang sampah pada tempatnya sudah dicanangkan sejak lama. Bahkan sejak kecil sudah diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal itu bertujuan agar tidak ada sampah yang berserakan serta tidak menyebabkan tumpukkan sampah yang dapat menimbulkan bau. Bau tersebut dapat mengundang binatang seperti lalat dan tikus yang bisa menyebarkan penyakit. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk membuang sampah pada tempatnya. 

6. Membuang Air yang Menggenang

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya terhindar dari penyakit demam berdarah. Genangan air disukai nyamuk sebagai tempat untuk berkembang biak. Oleh karena itu, sebaiknya jika ada genangan air segera dibuang dan untuk menghindari adanya genangan air, contohnya air hujan, sebaiknya menutup cekungan-cekungan yang bisa menjadi tempat menggenangnya air. 

7. Melakukan Daur Ulang dan Reboisasi

Mendaur ulang sampah menjadi salah satu upaya untuk mengurangi jumlah sampah. Daur ulang sampah dapat bermanfaat bagi kehidupan, misalnya dari kumpulan sampah bungkus plastik dapat didaur ulang menjadi sebuah tas. Sedangkan reboisasi (penghijauan kembali) dilakukan sebagai upaya melestarikan lingkungan. Dengan melakukan penghijauan kembali juga menjadikan udara sejuk serta bersih. 

Itulah tips menjaga kebersihan diri dengan sederhana. Dengan menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan dipastikan dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak