alexametrics

6 Hal yang Penting Dilakukan untuk Menjaga Kebersihan Diri selama Pandemi

Vivi Pritama
6 Hal yang Penting Dilakukan untuk Menjaga Kebersihan Diri selama Pandemi
Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)

Adanya virus Corona yang menyebar hingga seluruh penjuru dunia, membuat semua orang diimbau untuk menjaga kebersihan diri salah satunya yaitu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Akan tetapi, hal tersebut saja tidak cukup.

Pada masa pandemi, tentunya kita harus bisa lebih menjaga kebersihan diri kita. Kira-kira hal apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kebersihan diri kita selama pandemi? Berikut adalah 6 hal yang harus dilakukan, antara lain:

1. Rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer

Saat bepergian keluar rumah, kita harus tetap rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer terutama setelah memegang benda-benda seperti uang, meja, kursi, dsb. Hal ini tentunya wajib dilakukan untuk mencegah memegang area wajah dengan tangan yang kotor.

2. Membersihkan barang-barang yang dibawa setelah bepergian

Setelah bepergian dari luar, kita wajib membersihkan barang-barang yang kita bawa seperti handphone, dompet, tas, dsb. Jika kita tidak membersihkannya, maka bisa saja virus-virus yang menempel pada barang-barang tersebut ikut masuk ke dalam rumah.

3. Mandi dan keramas setelah bepergian dari luar rumah

Meskipun hanya keluar rumah sebentar, kita harus tetap mandi dan keramas setelah bepergian dari luar rumah karena meskipun kita merasa diri kita bersih, akan tetapi belum tentu kita tidak membawa virus-virus atau kuman yang dapat mengancam kebersihan dan kesehatan kita.

4. Membersihkan paket yang berasal dari luar rumah

Membersihkan paket juga merupakan hal yang penting dan wajib dilakukan karena kita tidak tahu darimana paket tersebut berasal dan di mana paket tersebut diletakkan sebelumnya. Bisa saja paket tersebut sebelumnya diletakkan di tempat yang kurang bersih dan kotoran tersebut terbawa masuk ke dalam rumah bersama dengan paket tersebut.

5. Menggunakan peralatan makan pribadi

Jika kita membeli makanan dari luar atau makan di restoran, maka alangkah lebih baik jika kita menggunakan peralatan makan pribadi kita karena lebih menjamin kebersihannya. Akan tetapi, jika kita tidak membawa peralatan makan pribadi, kita bisa merendam peralatan makan dari restoran dengan air panas untuk membunuh kuman-kuman yang ada pada peralatan makan tersebut.

6. Meletakkan sepatu di luar rumah

Sesampainya di rumah, sepatu yang kita pakai saat bepergian harus diletakkan di luar rumah. Hal ini wajib dilakukan agar kotoran-kotoran yang ada di sepatu tersebut tidak ikut terbawa masuk ke dalam rumah.

Demikian beberapa hal yang wajib kita lakukan untuk menjaga kebersihan tubuh kita serta dapat menerapkannya sebagai bagian dari gaya hidup bersih kita sehari-hari. Usahakan untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak dan jangan lupa untuk tetap menerapkan 3M (Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan) saat berada di luar rumah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak