alexametrics

Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Ini 3 Rekomendasi Film Dokumenter Lingkungan

Restu Almalita
Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Ini 3 Rekomendasi Film Dokumenter Lingkungan
Ilustrasi lingkungan hidup. (pexels.com)

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni. Di tahun ini tema yang diusung adalah Restorasi Lingkungan. Selain aksi nyata menjaga lingkungan, kamu juga bisa menambah wawasan lewat film loh! Apa saja? Simak informasinya berikut ini:

1. Semesta

Semesta merupakan film yang disutradarai oleh Chairun Nissa, dengan produser Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin. Film ini mengajak kamu berkeliling ketujuh wilayah dengan tokoh-tokoh inspiratif yang sehari-harinya bergerak menjaga lingkungan.

Film ini tak hanya bicara soal lingkungan, tapi juga kearifan lokal yang ada di Indonesia. Ketika menontonnya kamu akan takjub melihat gambaran kekayaan alam Indonesia.

2. Kinipan

Kinipan merupakan film dokumenter dari Watchdoc Maret lalu. Film ini banyak menjelaskan bagaimana kondisi lingkungan di lapangan. Lewat dua aktivis lingkungan, Kinipan bercerita ancaman alih fungsi lahan yang merugikan masyarakat, serta kebijakan pemerintah yang seringkali melanggengkan kerusakan lingkungan.

3. Diam dan Dengarkan

Film dokumenter ini mengajak kamu merenungkan apa saja yang sudah kamu kerjakan selama pandemi. Bagaimana peradaban manusia penuh dilema dan kerap terjerumus pada rasa tidak puas. Diam dan Dengarkan menyajikan fakta dan cerita dalam enam bagian bagaimana kamu sudah begitu merusak alam dan terputus darinya.

Ketiga film dokumenter di atas layak kamu jadikan tontonan untuk akhir pekanmu. Tak hanya diajak berkontemplasi, kamu juga akan disajikan fakta-fakta menarik terkait kerusakan lingkungan khususnya di Indonesia. Tertarik menontonnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak