facebook

Perlu Diketahui! Inilah Beberapa Manfaat Perkembangan Teknologi

Afifah
Perlu Diketahui! Inilah Beberapa Manfaat Perkembangan Teknologi
Ilustrasi perkembangan teknologi. (Dok: Toshiba)

Siapa yang tidak mengenal sosial media? Di belahan dunia manapun sudah jarang sekali orang yang tidak mengenal akan populernya media sosial. Semakin berkembangnya teknologi mulai dari transportasi, belajar, belanja, hingga kebutuhan lainnya bisa di lakukan secara online.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi pasti banyak menimbulkan sisi negatif dan positif yang muncul. Positif atau negatifnya dampak teknologi dipengaruhi oleh pengguna media sosial itu sendiri.

Bagi anak-anak, peran orangtua amatlah penting dalam memantau dan membatasi anaknya dalam bermain media sosial. Tujuannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Terlepas dari banyaknya menimbulkan hal-hal negatif, kali ini mimin akan membahas sisi positif dari perkembangan teknologi. Simak beberapa manfaat perkembangan teknologi dalam kehidupan.

1. Mudah menerima informasi

Sisi positif perkembangan teknologi yang pertama yaitu mudah menerima informasi, baik lokal sampai internasional. Tidak seperti di jaman dahulu, di era modern seperti ini kita tidak perlu repot membeli koran.

Untuk membaca berita atau mendapatkan informasi terbaru cukup dengan membuka google dan menanyakan kabar terbaru pada hari itu.

Otomatis google akan menayangkan beberapa informasi dan berita terkini kalian hanya perlu klik salah satu judulnya dan membaca tulisan di dalamnya. Dengan begitu kalian bisa memilih mana yang akan akan dibaca atau tidak.

2. Mudah berkomunikasi

Dengan adanya aplikasi pesan yang dapat mengirim pesan baik pesan suara atau tulisan serta telfon, memudahkan dalam berkomunikasi. Tidak seperti masa lampau, berkomunikasi harus melalui surat dan harus mengirimnya ke kantor pos.

Surat tersebut juga tidak bisa langsung sampai kepada penerima surat. Memerlukan biaya yang cukup mahal dan memakan waktu yang lama.

Pada era modern seperti ini jika kalian ingin mengirim pesan atau informasi ke orang lain cukup dengan membuka aplikasi pesan tersebut. Dengan menggunakan aplikasi mengirim pesan, pesan yang kalian kirim langsung di terima pada saat kalian selesai mengirimnya. Tidak memerlukan biaya yang banyak dan memakan waktu yang cukup lama. Mempermudah hidup bukan ?

3. Belanja jadi praktis

Jika pada masa lampau kalian harus pergi ke pasar atau tempat belanja lainnya dan memakan waktu yang lama. Beda halnya dengan saat ini, kalian cukup pesan menggunakan aplikasi belanja online. Kemudian membayarnya dan menunggu pesanan sampai ke rumah tanpa perlu repot ke luar rumah.

Waktu yang dibutuhkan dalam mengirim pesanan masih cukup lumayan singkat dan tidak terlalu lama. Kalian juga bisa bebas kapan saja berbelanja tanpa takut tokonya belum buka atau sudah tutup. Selain itu tidak perlu menghabiskan atau memotong banyak waktu , jadi sangat fleksibel dan sangat mempermudah hidup.

4. Belajar jadi lebih mudah

Jika di masa lampau kalian harus membeli buku yang sangat tebal dan memakan biaya yang tidak sedikit. Pada masa yang sudah canggih ini kalian tidak perlu membeli buku tebal yang di lihat saja sudah membuat pusing. Cukup dengan pergi ke halaman e-book, kalian bisa menemukan buku yang ingin di baca.

Memang tidak sedikit e-book berbayar, namun banyak pula e-book yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Selain bisa membaca buku dengan mudah, pesatnya perkembangan teknologi juga memudahkan dalam proses belajar mengajar. Apalagi di saat pandemi seperti ini. Manfaat perkembangan teknologi yang satu ini sangat diperlukan bagi kaum pelajar maupun guru yang mengajar.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat perkembangan teknologi. Segala hal baik positif maupun negatif yang menciptakan yaitu kita sendiri. Kita sebagai manusia berakal harus memanfaatkan kecanggihan teknologi ini dengan hal-hal baik. Bijak dalam menggunakan sosial media dan yang lainnya,menjauhi hal-hal yang bisa merusak generasi mendatang.

Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak