alexametrics

7 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri Paling Efisien, Lakukan Perubahan!

Luna
7 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri Paling Efisien, Lakukan Perubahan!
Ilustrasi percaya diri (pexels/@stywo)

Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor seseorang meraih sukses dan keberhasilan. Sebab tanpa disadari, rasa percaya diri yang tinggi akan mampu membuat orang tersebut menyalurkan semua potensi. Seperti yang kita ketahui, semakin kita mengeksplore potensi diri, maka semakin banyak inovasi tercipta.

Inovasi-inovasi itulah yang akan membawa seseorang menuju keberhasilan. Namun, terkadang pintu tersebut tertutup karena kurangnya rasa percaya diri. Padahal potensi yang ia miliki sangatlah banyak. Namun karena rasa kurang percaya itulah, potensi tersebut tidak bisa tergali. Nah bagi Kamu yang masih sering minder, perlu mengkaji langkah-langkah untuk menjadi lebih percaya diri lagi.

Penyebab Munculnya Ketidak Percayaan Pada Diri Sendiri

Sebelum membahas cara menumbuhkan kepercayaan diri seseorang, perlu diketahui bahwa timbulnya rasa tidak percaya diri merupakan hasil dari pengalaman yang tidak mengenakkan. Hal tersebut biasanya berhubungan dengan kejadian di masa lampau atau pengalaman masa lalu.

Contohnya saja, orang tersebut pernah mengalami bullying atau penindasan. Bisa juga akibat kejadian yang mengandung perbuatan kekerasan kemudian berdampak trauma. Bisa juga karena dari kesalahan pola asuh ketika masa kanak-kanak dahulu. Memang benar, masa lalu itu tidak akan dapat diubah, namun tetap bisa dilakukan cara-cara untuk mengubah pola pikir agar menjadi lebih terbuka.

Hal tersebutlah yang bisa membuat menjadi traumatik dan takut. Takut jika membuat kesalahan, maka ia akan mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan tersebut. Nantinya ia akan cenderung menutup diri dan memilih untuk diam. Meski tahu memiliki kesempatan atau kepandaian, namun karena takut, ia tidak berani eksplore kemampuannya tersebut. Maka dari itu, perlu sikap sebagai cara menumbuhkan kepercayaan diri tersebut.

Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri seseorang

Lantas cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri tersebut? Diperlukannya pengembangan kepribadian agar rasa percaya diri perlahan muncul. Berikut merupakan beberapa langkan yang bisa dipakai dalam menumbuhkan rasa percaya diri tersebut. Ikuti trik berikut, agar kepercayaan diri dapat meningkat.

1. Membangun Suatu Pola Pikir Yang Positif

Cara menumbuhkan kepercayaan diri yang pertama yakni dengan menumbuhkan pola pikir yang positif. Berpikir positif adalah menanggapi semua kejadian di sekitar dengan mengambil hal positifnya. Dengan demikian, Anda tidak akan terpengaruh terhadap asumsi dan omongan dari orang lain.

Namun jika mendadak muncul keraguan saat Anda akan bertindak, segera ambil nafas, dan ucapkan dalam hati, “Saya pasti bisa”. Semangat tersebut akan mampu memberi kekuatan diri. Karena sesungguhnya, apa yang Anda pikirkan akan mempengaruhi setiap tindakan.

2. Mulai Mengenal Diri sendiri

Cara menumbuhkan kepercayaan diri selanjutnya yaitu dengan mulai belajar mengenal diri sendiri. Mulailah untuk mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Mulai tekankan pada diri sendiri, tidak ada yang sempurna, setiap orang pasti punya kekurangan. Itu sudah takdir dari Yang Maha Kuasa, maka itulah percaya diri saja.

Anda tinggal belajar lebih giat lagi, dan memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan sebelumnya. Fokus saja pada kelebihan yang Anda punya dan berusaha mengembangkan kelebihan tersebut. Pada dasarnya, setiap orang terlahir memiliki kelebihan meski itu hanya satu. Jadi ketika Anda berhasil mengerjakan sesuatu hal, maka beri pujian pada diri sendiri. Dengan demikian akan membantu Anda menjadi orang yang lebih bersyukur

3. Melakukan Langkah Perubahan

Cara menumbuhkan kepercayaan diri juga bisa dengan melakukan perubahan pada diri sendiri. Memang benar adanya bahwa namanya perubahan itu tidak bisa dilakukan dengan instan, semua butuh proses. Maka Anda cukup berfokus pada langkah dalam menuju perubahan tersebut. Jangan minder jika usaha yang dilakukan belum signifikan hasilnya, namun terus saja berusaha.

Karena dari perubahan kecil yang yang sudah Anda hasilkan, nantinya akan dapat menghasilkan perubahan yang besar. Anda harus menyemangati diri sendiri, bahwa suatu saat Anda akan berhasil dan semua orang akan bertepuk tangan untuk Anda. Oleh karenya Anda tidak perlu mendengarkan omongan orang, fokus saja pada proges yang Anda lakukan.

4. Mengerjakan Aktivitas Kegemaran

Selanjutnya cara menumbuhkan kepercayaan diri dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan yang disukai. Benar sekali, dengan melakukan sesuatu yang menjadi kesukaan, akan menumbuhkan rasa bahagia dan kepuasan tersendiri. Hal tersebut dapat berdampak meningkatnya ketrampilan yang dapat menjadikan lebih percaya diri.

Dengan melakukan aktivitas sesuai kegemaran, maka akan mengalir dan tidak ada paksaan. Dengan demikian, Anda bisa menikmatinya sehingga berdampak yang positif pula. Orang lain akan melihat Anda bahwa Anda bisa menikmati hidup, sedang Anda juga akan merasa lebih nyaman.

5. Jangan Membandingkan Diri

Janganlah membandingkan diri sendiri juga merupakan salah satu cara menumbuhkan kepercayaan diri. Anda perlu ingat, orang itu mempunyai jalan dan takdirnya sendiri. Jadi setop membandingkan diri Anda. Hidup bukan perlombaan, tapi hidup adalah perjalanan. Yang mana namanya jalan haruslah dilewati, bukan malah mencari pembanding jalanan mana yang lebih bagus.

Usahakan untuk selalu mengingat Tuhan. Dengan begitu, Anda tidak akan iri terhadap orang lain. Hindari mendengar atau melihat kehidupan seseorang yang dapat menimbulkan iri hati. Anda hanya perlu mengembanglan potensi sesuai bakat. Karena semakin Anda membandingkan diri, maka rasa percaya diri dapat menciut pula.

6. Mencari Teman Yang Berkepribadian Positif Thinking

Bukan rahasia umum lagi bahwa pertemanan dan pergaulan dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Maka penting sekali Anda dalam memilih pertemanan sebagai upaya untuk cara menumbuhkan kepercayaan diri. Hindari berteman dengan orang yang sakit tutur katanya. Jika Anda memiliki teman seperti itu, mulailah membatasinya. Bahwasanya ia hanya akan membuat Anda makin minder nantinya.

Carilah teman pergaulan yang bisa saling menghargai dan saling support. Hal tersebut bisa memotivasi agar menjadi orang yang baik pula. Jika punya keinginan jadi orang baik, dapat membantu menumbuhkan sikap lebih percaya diri. Karena mereka akan senantiasa memberi afirmasi positif dan dukungan ketika Anda lagi down. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda lebih merasa nyaman, karena merasa dikelilingi orang yang baik.

7. Mulai Hidup Sehat

Mulailah untuk hidup sehat. Bukankah dalam jiwa yang sehat akan menghasilkan mental yang sehat pula? Anda bisa memakai langkah tersebut dalam cara menumbuhkan kepercayaan diri. Jika Anda sehat, otomatis mental dan pikiran Anda juga akan terpengaruh menjadi lebih sehat. Mulailah menjaga kesehatan dengan rutin olahraga dan makan yang sehat pula.

Kiranya cara menumbuhkan kepercayaan diri di atas tadi bisa Anda terapkan dalam keseharian mulai sekarang. Mulailah untuk menjalin relasi dan bergabung dalam kegiatan yang positif agar bisa melihat banyak hal yang menginspirasi. Terus saja berusaha mengembangakan bakat dan minat diri Anda. Namun jika semua cara sudah dilakukan masih belum berhasil, Anda bisa meminta bantuan psikiater atau dokter.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak