alexametrics

5 Dampak Buruk Berdebat di Media Sosial yang Sebaiknya Dihindari

Rizki
5 Dampak Buruk Berdebat di Media Sosial yang Sebaiknya Dihindari
Ilustrasi bermain gadget (unsplash.com)

Kebebasan berpendapat di media sosial memang tidak ada salahnya apabila bermaksud untuk memberikan informasi yang positif. Namun sangat disayangkan banyak sekali terjadi perdebatan atau adu argumen yang terjadi di media sosial. Hingga banyak yang sengaja membuat akun sosial media secara anonim untuk melampiaskan semua pendapat yang dimiliki.

Apabila kamu terlalu sering melakukan perdebatan dengan orang lain di media sosial, akan ada dampak buruk yang kamu rasakan. Karena itu simak alasan kenapa kamu harus menghindari perdebatan di media sosial.

1. Hanya Menimbulkan Amarah yang Tidak berarti

Pada saat termakan oleh komentar orang lain di media sosial memang menguras tenaga dan menimbulkan emosi. Debat kusir lantaran berbeda pendapat memang cukup membuat stres pikiran dirimu sendiri.

Kalau sudah emosi malah membuat hari-harimu tidak mood karena sudah terprovokasi dengan berbagai komentar negatif yang kamu terima. Maka sebaiknya hindari komentar negatif agar menjaga kondisi psikologimu dan merasa tenang.

2. Waktu yang Terbuang Sia-sia

Prioritaskan waktu pada dunia nyata memang lah sangat penting, terkadang memang butuh media sosial untuk mencari hiburan selepas aktivitasmu. Namun sebaiknya pilahlah informasi yang kamu terima serta hindari perdebatan agar tidak membuang waktu secara sia-sia.

3. Mudah Sakit Hati

Kalau kamu berdebat dengan orang lain di media sosial memang terjadi komentar yang bisa menyerang secara personal apabila kamu telah kalah berdebat. Hal itu malah akan membuatmu menjadi sakit hati.

Hal yang buruk memang sebaiknya dibatasi kalau bisa tidak usah dilakukan, apabila tetap terus ditanggapi yang ada malah akan membuat tertekan dan berdampak negatif pada dirimu sendiri.

4. Tidak Ada Ujungnya

Memang setiap pertikaian selalu ada yang ingin memenangkan perdebatan dengan cara apapun. Mungkin tindakan kasar pun akan dilakukan seperti mencela, hal seperti itu memang bisa terjadi di media sosial. Daripada kamu berdebat kusir yang tidak ada ujungnya, lebih baik biarkan saja mereka karena kebanyakan yang berkomentar adalah akun anonim.

5. Gangguan Kecemasan

Rasa cemas ketika kamu dirundung oleh para pengguna media sosial memang benar-benar membuat rasa cemas. Lantaran mereka bisa saja menyerangmu secara personal sehingga membuatmu terganggu secara mental. Maka coba selalu jaga jari-jarimu ketika berkomentar karena mungkin saja ada yang merasa sakit hati dengan pendapatmu.

Dari penjelasan di atas, sebaiknya mulailah untuk memfilter konten-konten di media sosial yang negatif lantaran memang mengundang untuk melakukan komentar dan bisa membuat perdebatan yang membuang waktumu dan memanggu kondisi kesehatan psikologis.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak