alexametrics

Wanita Solo Backpacker? Siapa Takut!

Nurita
Wanita Solo Backpacker? Siapa Takut!
Ilustrasi backpacker (Shutterstock)

Siapa nih yang kangen traveling? sabar dulu ya kawan, tunggu sampai PPKM selesai. Nah, sambil nunggu PPKM selesai yuk simak tips menyusun Itinerary bagi Solo Backpacker.

Solo Backpacker, istilah itu tidak asing lagi di telinga kita terutama bagi para traveler yang senang menjelajah. Bagi sebagian orang menganggap bahwa Solo Backpacker itu menyeramkan, menantang, dan berbahaya.

Padahal bagi sebagian orang lagi, Solo Backpacker itu hal yang mengasyikan, terutama menjadi sarana yang mampu mengasah mental dan berusaha untuk mandiri. 

Selain itu, kita bisa bebas berkelana kemanapun sesuai yang kita ingini tanpa harus ribet dengan urusan ''jadwal libur teman tidak sesuai'' atau '' harus segera ke penginapan karena teman sudah kelelahan''. Yah begitulah kadang!

Nah berikut ini penulis bagikan beberapa tips membuat itinerary bagi para Solo Backpacker:

1. Tentukan Tujuan Liburan

Hal pertama yang disiapkan dalam menyusun itinerary atau rencana perjalanan adalah menentukan tujuan liburan.

Misal kalian akan berlibur selama 2 hari, maka cari destinasi wisata yang lokasinya saling berdekatan. Maka hasilnya meskipun waktu yang singkat, namun dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata. 

Maksimalkan pencarian sarana transportasi. Sebaiknya sebelum liburan dimulai, pastikan kalian mengetahui sarana transportasi yang dapat menjangkau lokasi wisata tersebut. 

2. Cari Informasi Destinasi Wisata yang Akan Dikunjungi 

Poin ini tidak kalah penting guys, gunakan mesin pencari di internet terhadap destinasi wisata yang akan dikunjungi. Kalian harus mencari dengan maksimal informasi tersebut.

Hal ini guna membantu mempermudah kalian untuk menjangkau lokasi, seperti di mana letak lokasinya, berapa biaya harga tiket masuk, transportasi apa yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke sana, dan jam operasional destinasi wisata. 

Jangan lupa cari data yang paling terbaru ya guys, biar kalian tidak sia-sia sudah datang jauh-jauh eh lokasi nya sudah tutup. Duh!

3. Sarana Transpotasi 

Selanjutnya adalah sarana transportasi. Kalian harus mencari tahu lokasi wisata tersebut bisa ditempuh dengan moda transportasi darat, laut, atau udara. 

Kalau soal ini tergantung dari budget yang disiapkan ya guys. Jika budget lebih dari cukup, kalian bisa memilih transportasi yang paling cepat seperti pesawat. 

Atau kalau lokasi wisatanya dapat ditempuh dengan bus atau kereta, ya sebaiknya pakai yang paling minim saja biar sisa budgetnya bisa digunakan untuk hal lain. 

4. Akomodasi 

Hal yang tidak kalah penting dalam menyusun itinerary adalah akomodasi, baik untuk tempat menginap atau lokasi yang banyak makanan. 

Biasanya para Solo Backpacker memilih sesuatu yang low budget. Jika yang lain memilih hotel bintang 5 atau hotel bintang 7, mereka lebih memilih menyewa hostel atau hotel yang tidak terlalu mahal. 

Tentu yang penting nyaman dan aman. Namun balik lagi ke masing-masing budget ya guys. 

Ketika mencari penginapan, usahakan yang lokasinya strategis dan banyak dengan pedagang makanan agar kalian tidak kelaparan saat berada di negeri orang. 

5. Menyusun Itinerary 

Dari keempat hal tersebut, pastikan kalian menyusun itinerary dengan sangat detail ya. Jangan sampai ada hal yang terlewat. Meskipun kadang tidak selalu seperti apa yang direncanakan tapi setidaknya kalian sudah punya gambaran. 

Dan jangan lupa saat berada di tempat asing atau tempat yang baru kalian kunjungi, jangan pernah malu untuk bertanya, seperti pepatah ''malu bertanya, sesat di jalan''. Itu beneran ada loh guys !

Pastikan kalian membawa semua barang-barang yang diperlukan selama perjalanan. Kotak P3K merupakan barang yang tidak boleh terlewatkan. 

Akhir kata, meskipun sendirian bukan halangan untuk kalian meng-explore tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi, terutama di tanah air kita yang indah ini, Indonesia. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak