alexametrics

4 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Rajin Membaca

Nur Fadilla
4 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Rajin Membaca
Ilustrasi membaca (Pexels/Enzo Muñoz)

Aktivitas membaca tidak hanya bermanfaat untuk sekadar menambah pengetahuan intelektual saja. Lebih dari itu, membaca membawa dampak positif bagi kesehatan. Simak 4 alasan penting kenapa kamu harus rajin membaca.

1. Biar Tidak Mudah Stres atau Depresi

Membaca juga bisa menjadi aktivitas hiburan yang murah meriah. Bisa menghindarkan kita dari stres ataupun depresi. Kamu bisa pilih berbagai jenis bacaan yang kamu suka, fiksi atau nonfiksi. Mulai dari aneka genre novel, cerpen, dsb. Atau bisa juga bacaan artikel ringan.

2. Mencegah Penyakit Alzheimer

Tahukah kamu, ternyata dengan membiasakan aktivitas membaca dapat mencegah kita terkena penyakit alzheimer. Alzheimer adalah penyakit yang dapat menurunkan daya ingat, menurunkan kemampuan kognitif dan komunikasi, juga dapat mengubah perilaku penderitanya. Penyakit ini biasanya menyerang para lansia.

3. Menambah Konsentrasi dan Daya Ingat

Pada saat membaca tentu kita berusaha untuk fokus terhadap bacaan yang sedang dibaca. Hal ini dilakukan agar kita paham dengan apa yang kita baca. Dengan kata lain, kita sebenarnya sedang melatih otak kita. Sehingga mengakibatkan daya ingat dan konsentrasi kita bertambah.

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Manfaat terakhir dari aktivitas yang satu ini adalah tentunya akan menambah kemampuan kita dalam berkomunikasi. Setiap kosakata baru yang ditemui saat membaca akan mempermudah proses komunikasi.

Setelah menyimak 4 alasan kenapa harus rajin membaca, semoga kita bisa mulai merutinkan aktivitas yang satu ini ya. Mengingat manfaatnya bagi kesehatan kita, akan sangat rugi jika tidak dilakukan. Ayo membaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak