alexametrics

5 Tanda kalau Kamu Sudah Kecanduan HP, Tak Bisa Hidup Tanpa Charger!

Latifah
5 Tanda kalau Kamu Sudah Kecanduan HP, Tak Bisa Hidup Tanpa Charger!
Ilustrasi Seseorang Memotret Makanannya. (pexels.com/Daria Shevtsova)

HP, terutama jenis ponsel pintar, sudah memengaruhi kehidupan manusia di berbagai segi kehidupan. Saat ini, peranan HP bukan sekadar media untuk berkomunikasi saja. Tapi bisa sebagai hiburan, cari pasangan, belajar, jualan, dan sebagainya.

Sayangnya, karena banyaknya fitur yang bisa kamu dapatkan dari ponsel pintar, membuat banyak orang yang akhirnya kecanduan. Berikut ini beberapa cirinya. Apa saja?

1. Ponsel selalu jadi alternatif pengalih perhatian

Mungkin sebagian dari kalian masih ingat, ketika ponsel pintar belum eksis seperti sekarang. Saat sedang menunggu, kalian menghabiskan waktu lewat mengobrol dengan orang di sampingmu. Berkenalan, kemudian tanya kabar, dan berbagi info menarik lainnya.

Kini hal itu sudah jarang sekali ditemui. Ketika menunggu sesuatu, kamu jadi jauh lebih nyaman melihat ponsel, daripada bercengkerama dengan orang sekitar.

2. Cemas saat berjauhan dari HP

Ciri lain bahwa kamu sudah kecanduan dengan HP, adalah nggak bisa berjauhan. Saat kamu sedang pergi makan bersama teman, HP harus ada di atas meja makan. Ke mana-mana, harus bawa HP. Saat nggak bawa HP, bisa cemas.

3. Menghabiskan banyak waktu main HP

Selain nggak bisa ketinggalan dari HP, tanda kecanduan lain, bisa kamu lihat dari banyaknya waktu yang kamu habiskan untuk bermain HP. Mulai dari scrolling instagram, melihat update terkini di twitter, nonton video youtube, joget-joget di tiktok, hingga main games. Tanpa sadar, kamu jadi banyak buang-buang waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

4. Harus selalu bawa charger

Ponsel pintar memang tak bisa tahan sampai berhari-hari. Banyaknya aplikasi yang memakan daya, membuatmu harus mengisi daya, setidaknya sekali sehari. Apalagi kalau dipakai terus. Bisa-bisa dalam sehari, kamu charging lebih dari sekali.

Dan alasan inilah yang membuatmu tak bisa hidup tanpa charger. Lupa bawa charger, sudah panik kayak apaan tahu. Kamu nggak bisa santai, hidupmu sudah benar-benar terfokus pada HP.

5. Selalu memeriksa notifikasi

Orang yang sudah kecanduan HP, terutama media sosial, tidak bisa tenang hidupnya kalau sehari saja tanpa HP. Sebentar-sebentar cek notifikasi. Apakah ada pesan masuk, komentar, atau likes.

Itu dia beberapa tanda kecanduan HP yang mesti kamu waspadai. Hati-hati, lho, HP memang memiliki banyak manfaat. Tapi jika tak digunakan dengan bijaksana, justru bisa mengganggu mental dan kehidupanmu. Waktumu jadi banyak terbuang untuk hal yang nggak penting. Padahal, waktu yang telah lewat tak bisa diputar kembali. Sayang banget, kan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak