alexametrics

Kenali Beda Teman yang Tulus dan Enggak, Amati Tindak-tanduknya!

Latifah
Kenali Beda Teman yang Tulus dan Enggak, Amati Tindak-tanduknya!
Ilustrasi pertemanan (pexels.com/Liza Summer)

Selain keluarga, teman juga berperan besar dalam hidup seseorang. Bahkan, pada beberapa kasus, teman justru lebih memberi pengaruh sehat, dibanding keluarga sendiri.

Akan tetapi, gak semua teman itu bawa dampak baik. Itu hanya terjadi pada sosok teman yang tulus. Sementara teman yang enggak tulus, atau memiliki motif tertentu, malah bisa membuat hidupmu susah.

Untuk membedakan mana teman yang tulus dan enggak, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Caranya menghormati

Kamu bisa membedakan mana teman yang tulus dan tidak, dari cara mereka menghormati orang lain. Amati bagaimana sikapnya ketika berhadapan pada orang lain yang gak memiliki status yang sama, apakah tetap baik, atau malah judes dan kejam.

Kalau dia baik pada siapa pun, tanpa pandang bulu, maka dia tipe teman yang layak kamu jadikan sahabat. Akan tetapi, kalau dia baik di depanmu, tapi jahat atau menghina ketika berpapasan dengan orang yang statusnya lebih rendah, pertanda kalau dia mendekatimu cuma karena status, bukan murni ingin berteman.

2. Sikapnya ketika mengobrol

Lewat obrolan, bisa ketahuan pula karakter aslinya seperti apa. Teman yang tulus, akan berusaha mendengarkan bicaramu dengan sungguh-sungguh.

Sementara teman yang egois, kisahmu itu dianggap gak penting. Maka dari itu, dia selalu berusaha mendominasi percakapan, dan sering memotong pembicaraan, supaya dia dapat giliran bicara.

3. Dari kritikan

Kamu jangan senang dulu ketika temanmu selalu mengiyakan tindak-tandukmu, meskipun itu salah. Justru sikap demikian, bisa jadi ciri teman penjilat. Selama kamu mampu memberi manfaat untuknya, dia manut-manut saja. Kamu salah pun, tetap dibela

Justru teman yang tulus, berani untuk mengkritik ketika kamu berbuat keliru. Hal ini dilakukan demi kebaikan dirimu sendiri. Karena ia tak ingin melihat kamu, temannya, terus-menerus jatuh di lubang yang sama.

Itulah beberapa cara membedakan mana teman yang tulus dan enggak. Jangan terkecoh lagi, ya. Selalu awasi tindak-tanduknya. Karena teman yang gak tulus, bisa berubah jadi musuh dalam selimut!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak