alexametrics

5 Kebiasaan Ini Justru Mempersulit Hidupmu, Jangan Dibiarkan!

Rizki
5 Kebiasaan Ini Justru Mempersulit Hidupmu, Jangan Dibiarkan!
Ilustrasi mengeluh (pexels/Andrea Piacquadio).

Setiap kebiasaan atau perilaku dalam keseharian, bisa membuatmu akan menjadi berpengaruh di kemudian hari. Sebab, apabila dilakukan secara berulang, akan menjadi suatu kebiasaan yang bisa mengubah kepribadian dan karaktermu.

Oleh karena itu, jangan meremehkan suatu hal kecil, yang ternyata akan berpengaruh kepada kehidupanmu di masa depan. Jangan dibiarkan kebiasaan buruk pada dirimu yang akan merugikanmu suatu saat nanti. Simak ulasan berikut ini kebiasaan yang akan mempersulit dan berpengaruh terhadap hidupmu.

1. Mudah Mengeluh

Suatu masalah dalam kehidupan merupakan hal yang memang kerap terjadi. Oleh karena itu, kita perlu mencari solusi agar menemukan jalan keluarnya. Namun, jika kamu selalu mengeluh dengan kesulitan yang datang padamu, membuatmu akan sulit berproses untuk menjadi kepribadian yang lebih baik lagi.

Terkadang sikap seperti ini, hanya akan membuang waktumu, lantaran hanya diam atau melamun sambil duduk tanpa mencari solusinya. Waspada jika sikap seperti ini dibiarkan, lantaran akan sulit untuk mengubahnya.

Jika kamu sering mengalami hal ini, sebaiknya kamu harus fokus dengan setiap permasalahan yang sedang alami. Selain itu, hindari ketika kamu memiliki perasaan untuk lari dari tanggung jawab. Coba beranikan diri untuk mengambil resiko yang akan datang. Dengan melakukan cara tersebut, bisa membantumu untuk bangkit kembali dan menata kehidupan yang lebih baik lagi.

2. Membandingkan Diri dengan Kehidupan Orang Lain

Setiap orang memiliki latar belakang dan kemampuannya masing-masing. Maka kamu coba lebih intropeksi dirimu untuk lebih baik, kurangi pikiran untuk membandingkan dirimu dengan orang lain. Hal semacam itu hanya akan membuat mentalmu jatuh dan membuat semangat jadi lemah.

Kalau bisa, jadikan kesuksesan orang lain sebagai bahan motivasimu untuk bisa lebih kerja keras lagi. Buatlah kesan positif pada dirimu, agar kamu memiliki kepribadian yang teguh dan tidak iri hati.

3. Menyalahkan Keadaanmu Saat Ini

Terkadang ketika kondisimu sedang jatuh, selalu muncul untuk menyalahkan diri sendiri atas kondisimu saat ini. Perlu diingat, setiap manusia memiliki tanggung jawabnya untuk kondisinya sendiri.

Maka, mulailah bangkit dan tanggung jawab untuk membalikkan keadaanmu menjadi seseorang yang lebih bijak lagi ketikanya menyikapi sesuatu hal. Semua tergantung pola pikirmu, mau kamu bawa kemana dirimu ini. Apa ingin terus merasakan kegagalan? Atau ingin menjadi orang yang sukses?

4. Selalu Kepikiran dengan Kesalahan Masa Lalu

Memang perasaan semacam ini, sulit untuk dibuang jauh dari pikiran. Namun, sesuatu hal yang telah terjadi, jika terus-terusan memikirkan suatu hal di masa lalu, tidak akan mengubah kondisimu saat ini. Sebaiknya, jadikan sebagai bahan pembelajaran untuk masa depan yang lebih baik lagi.

5. Mudah untuk Berburuk Sangka

Sifat seperti ini, sebaiknya hilangkan sesegera mungkin. Ketika kamu berburuk sangka dengan orang lain, tanpa kamu tahu kenyataannya, jelas tindakan itu akan merugikan dirimu sendiri. Hilangkan sikap tidak terpuji ini, agar kamu bisa berbenah menjadi kepribadian yang lebih baik lagi.

Pastinya seseuatu hal yang memang jelas-jelas itu adalah kebiasaan buruk, kenapa harus terus dilakukan? Sebelumnya semuanya menjadi penyesalan, sebaiknya perbaiki sikapmu untuk menjadi seseorang yang lebih produktif dan memiliki pola pikir positif, agar kamu bisa menjadi seseorang yang bermanfaat kedepannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak