alexametrics

5 Minyak Gosok Legendaris Khas Indonesia, Mana Andalanmu?

Nur Fadilla
5 Minyak Gosok Legendaris Khas Indonesia, Mana Andalanmu?
Ilustrasi pijat (pixabay)

Hingga kini, pijat atau urut masih menjadi jurus andalan orang Indonesia saat sedang pegal, capek, ataupun sakit lainnya. Manfaatnya diyakini bisa melancarkan peredaran darah, meredakan nyeri punggung, sendi, memberi efek rileks, dan membantu tidur nyenyak.

Apalagi dipijat dengan salah satu minyak gosok favoritnya. Di bawah ini daftar minyak gosok legendaris khas Indonesia, yang manakah andalanmu?

1. Minyak Tawon

Tidak seperti namanya, minyak tawon sebenarnya terbuat dari campuran minyak kayu putih, minyak serai, kunyit, serta bawang merah. Walau aroma yang dihasilkan minyak ini cukup tajam, minyak tawon sangat ampuh meringankan pegal-pegal, nyeri punggung dan sendi, atau membuat rileks.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan hasil sulingan ranting dan daun pohon kayu putih. Minyak ini telah lama dikenal dengan manfaatnya yang dapat meredakan mual, pusing, perut kembung, masuk angin, menghindari gigitan nyamuk, dan memberi efek relaksasi.

3. Minyak Telon

Sering dipakaikan pada bayi, minyak telon terbuat dari minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Aromanya yang lembut, wangi, dilengkapi sensasi hangat, dapat membuat bayi tenang saat dipijat.

Minyak telon juga bermanfaat menghindarkan dari gigitan nyamuk, mengatasi perut kembung, serta melembabkan kulit.

4. Minyak Gandapura

Terbuat dari tumbuhan gandapura, minyak ini juga menjadi salah satu favorit warga Indonesia untuk dipakai saat pemijatan atau diurut. Manfaat minyak ini kurang lebih sama, seperti meringankan keseleo, pegal-pegal, nyeri punggung, otot atau sendi, hingga meringankan perut kembung dan masuk angin.

5. Minyak Kasturi

Ada dua jenis minyak kasturi dilihat dari bahan utamanya, yaitu minyak kasturi hewani dan minyak kasturi nabati. Minyak kasturi hewani terbuat dari bintil kelenjar rusa jantan yang terdapat pada bagian antara perut dan leher, kepala, atau tubuh bagian atas.

Sementara minyak kasturi nabati terbuat dari kulit pohon kasturi yang dibuat dengan cara diekstrak.

Minyak ini dikenal dengan aromanya yang segar. Sedangkan manfaat penggunaan minyak ini yaitu meredakan nyeri pada tubuh, meningkatkan vitalitas, atau juga dapat digunakan sebagai antiseptik pada gigitan serangga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak