alexametrics

5 Negara Konsumen Mi Instan Terbanyak

Nur Fadilla
5 Negara Konsumen Mi Instan Terbanyak
Ilustrasi Mi Instan.(Pexels.com)

Pada tahun 1958, melalui tangan Momofuku Ando, Jepang menciptakan jenis kuliner instan yang diberi nama chicken ramen. Tujuan mula diciptakan makanan ini untuk mengatasi kelaparan yang cukup parah setelah 2 tahun kekalahan Jepang atas sekutu. Dari produk inilah cikal bakal terciptanya aneka jenis mi instan.

Mi instan memang banyak digemari. Tekstur mi yang kenyal, rasa bumbunya yang pas, serta penyajiannya yang cepat menjadikan jenis makanan ini banyak digemari di berbagai kalangan.

Mengonsumsi mi instan juga paling pas saat menonton drama favorit kita. Atau saat tengah malam, saat kita lapar namun sedang terburu-buru, atau situasi lainnya.

Lantas negara mana sajakah yang menjadi konsumen mi instan terbesar di dunia? Berikut info lengkapnya dikutip dari World Instant Noodles Associations (WINA).

1. Tiongkok dan Hongkong

Meski sebagian rakyatnya mulai sadar akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat, nyatanya masih belum menurunkan jumlah angka konsumsi mi instan. Tiongkok dan Hongkong tercatat mengkonsumsi mi instan sebanyak 40,3 miliar bungkus pada tahun 2018. Sementara pada tahun 2019 naik menjadi 41,45 miliar.

2. Indonesia

Negara konsumen mi instan terbesar kedua adalah Indonesia, negara kita sendiri. Tercatat pada 2019 lalu jumlah mi instan yang dikonsumsi rakyat negeri ini sebanyak 12,5 miliar bungkus.

3. India

Pada urutan ketiga ditempati India. Negeri asal aktor ternama Shah Rukh Khan ini mengonsumsi mi instan sebanyak 6,73 miliar. Dikarenakan banyaknya inovasi mi instan yang sehat maka kemungkinan besar angka konsumsi mi instan di negeri itu akan semakin meningkat.

4. Jepang

Urutan selanjutnya ditempati negeri asalnya mi instan, Jepang. Negeri yang terkenal dengan pemandangan akan pohon Sakura ini tercatat mengonsumsi mi instan sebanyak 5,8 miliar bungkus pada tahun 2018. Sementara pada tahun 2019 turun hingga 5,63 miliar bungkus.

5. Vietnam

Posisi kelima ditempati Vietnam. Salah satu negara Asia Tenggara ini mengalami peningkatan jumlah konsumsi mi instan sejak 2015 lalu. Hingga tahun 2019 tercatat jumlah konsumsi mi instan semiliar 5,43 miliar bungkus.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak