alexametrics

5 Tanaman Pengusir Tikus yang Wajib Ada di Rumah, Mudah Ditemukan

Fadly
5 Tanaman Pengusir Tikus yang Wajib Ada di Rumah, Mudah Ditemukan
Ilustrasi tikus (Pixabay).

Tikus merupakan salah satu famili hewan pengerat. Ada banyak jenis tikus, tapi yang paling sering ditemui adalah tikus got. Jenis inilah yang paling tidak disukai. Karena selain terkenal hidup di tempat-tempat kotor, tikus got juga merupakan salah satu hewan pembawa penyakit.

Mungkin ada beberapa yang sering mengalami, di mana rumah suka dimasuki tikus. Hal ini tentu membuat jengkel dan was-was. Maka untuk mengusir dan mencegah tikus-tikus memasuki rumah, kita bisa memanfaatkan 5 jenis tanaman ini. Apa saja itu?

Simak selengkapnya tanaman pengusir tikus yang wajib ada di rumah, seperti dirangkum dari sehatq dan rumah.

1. Jengkol

Siapa sangka tanaman jengkol ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah kita. Adapun bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman ini yakni kulit jengkol.

Cara ini diketahui dari tradisi turun temurun para petani yang ada di Kalimantan Selatan. Menurut mereka, kulit jengkol memiliki aroma khas yang tidak disukai tikus.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu meletakkan kulit jengkol di area yang sering dilewati atau dimasuki tikus.

Atau kita juga bisa menghaluskan kulit jengkol hingga menjadi seperti bubuk. Lalu dicampur dengan air hingga larut. Kemudian menyemprotkannya ke lubang tikus.

2. Buah Jeruk Manis

Masih banyak yang kurang tahu, ternyata buah jeruk manis tak hanya punya khasiat pada kesehatan dan kecantikan tubuh. Buah ini juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus.

Dengan mencacah buah jeruk dan kapur barus, lalu menaburkannya ke area yang suka dilewati tikus. Hal ini apat menjauhkan rumah kita dari serangan tikus.

3. Tanaman Sage

Selanjutnya adalah tanaman Sage. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang punya 2 jenis, sage putih atau sage hijau. Kita bisa memanfaatkan tanaman ini bukan hanya dari segi keindahannya, tapi juga untuk mengusir tikus.

Daun sage diketahui punya aroma yang sangat khas. Aroma itulah yang tidak disukai dan terbukti ampuh mengusir tikus. Caranya cukup meletakkan pot atau menanam sage putih atau hijau di jalan atau tempat yang suka dilewati tikus.

4. Daun Mint

Kita tentu tahu bahwa daun mint merupakan tanaman yang kerap kali dijadikan sebagai penyedap rasa pada makanan maupun minuman. Namun siapa sangka, ternyata daun ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dan menjaukannya dari rumah kita.

Kita bisa memanfaatkan aroma kuat yang dihasilkan tanaman daun mint dengan cara meletakkan tanaman ini baik di dalam maupun luar rumah kita.

5. Bawang Putih

Terakhir ada tanaman bawang putih yang kerap dijadikan bumbu dapur. Dengan aroma kuat yang dihasilkan tanaman ini ternyata cukup ampuh untuk mencegah tikus mendekati rumah atau bahkan mengusirnya.

Itulah 5 tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah kita. Agar bisa maksimal, perlu disadari untuk tetap menjaga kebersihan rumah kita.

Jangan biarkan sampah rumah tangga kita berserakan. Rumah yang kotor dan berantakan kerap kali menjadi tempat favorit hewan berbulu yang satu ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak